Header

Rekomendasi 10 Pekerjaan Online untuk Ibu Rumah Tangga

10 comments
Konten [Tampil]
 
Pekerjaan online
Pernah menjadi wanita karir sebelum jadi IRT? 
Atau saat ini sedang ingin bekerja tapi dari rumah saja? Pas banget nih, ada rekomendasi pekerjaan online untuk ibu rumah tangga.

Di era digital ini, menurut ku semuanya lebih mudah. Semua bisa diakses dari mana saja dan tentunya lebih efisien. Contohnya saja adanya smartphone yang memudahkan kita melakukan apapun melalui sebuah gawai.

Untuk berkomunikasi, untuk dokumentasi, untuk update informasi, untuk transaksi pembayaran, bahkan sampai bisa mendatangkan cuan.

Nah, bagi kalian para ibu rumah tangga yang kangen nuansa kerja atau yang sedang ingin menambah penghasilan sampingan sambil nunggu anak pulang sekolah, wajib banget nih tahu daftar pekerjaan online untuk ibu rumah tangga.

Daftar Rekomendasi Pekerjaan Online untuk Ibu Rumah Tangga Tanpa Harus ke Kantor

Di era digital ini sejak pandemi lalu, sistem kerja remote semakin populer. Sistem kerja remote ini cocok untuk semua kalangan, tak terlewat juga untuk ibu rumah tangga.

Kerja remote artinya kegiatan produktif untuk mencari penghasilan yang bisa dilakukan di mana saja tanpa harus datang ke kantor.

Istilah kerennya adalah work from anywhere. Karena sistem kerja yang fleksibel, karyawan bisa bekerja kapanpun dan dimanapun. Sehingga bisa menciptakan suasana bekerja yang nyaman dan menekan terjadinya stres.

Bekerja dengan sistem remote hanya bermodalkan gawai dan jaringan internet. Sehingga sistem kerja remote cocok juga untuk ibu rumah tangga.

Berikut adalah beberapa rekomendasi pekerjaan online untuk ibu rumah tangga yang sedang populer dan diminati:

1. Virtual Assistant

Profesi virtual assistant kurang lebihnya sama dengan profesi sebagai asisten kantoran. Hanya saja pekerjaan ini dilakukan secara virtual atau online.

Pekerjaan yang dilakukan seputar administratif, seperti; mengatur jadwal, mengelola email dan panggilan telepon, menginput data, mengelola media sosial, melayani pelanggan dan segala tugas yang dibutuhkan perusahaan berkaitan dengan bisnis.

Profesi ini cocok dengan ibu rumah tangga yang memiliki manajemen waktu yang baik, menguasai ms. Office, cakap dalam berkomunikasi dan juga dalam pengambilan keputusan.

2. Content Writer

Content writer adalah sebutan untuk seseorang yang fokus menulis konten yang menarik dan menghasilkan konten berkualitas di media online.
  
Content creator

Konten yang dibuat bisa berupa artikel blog, sebuah post di media sosial atau apapun berupa tulisan di platform online.

Sama dengan blogger, content writer juga memikirkan topik yang diminati oleh pembaca. Content writer juga memiliki content plan dan memperhatikan traffic dari konten yang dipublikasikan.

Apakah blogger bisa disebut sebagai content writer? Tentu bisa dong! Nah, tinggal pelajari lagi skil yang mendukung untuk jadi content writer, seperti perbendaharaan kata, struktur kalimat yang menarik, teknik SEO, teknik editing, riset data dan lainnya.

Baca artikelku yang berjudul cara jadi blogger dan  dapat uang untuk tips dan triknya.

3. Content Creator

Pekerjaan ini memang sangat populer saat ini. Hanya dengan memanfaatkan media sosial, semua orang bisa menjadi content creator. Tentunya harus sudah konsisten mengelola akun pribadi, optimasi dan membangun bandring.

Melansir laman Glints, dari konten yang rapi dan menarik, pemilik akun bisa mematok rate card sebagai influencer dan bergabung afiliasi, selain itu juga sebagai portofolio dan memperbesar peluang diincar langsung oleh perusahaan.

Apalagi saat ini, banyak perusahaan yang membutuhkan freelancer Content Creator dengan skil editing short vertical video dan gambar, serta banyak yang menyediakan opsi kerja jarak jauh dengan sistem kerja remote.

Pilihan untuk jenis content creator sangat banyak ya, kalian bisa pilih blogger, canva ilustrator, YouTubers, Tiktokers dan masih banyak lagi lainnya.

4. Data Entry Specialist

Profesi data entry specialist juga menjadi salah satu profesi yang banyak peminatnya di kalangan ibu rumah tangga.

Sebab profesi ini memiliki tugas untuk memasukkan data dari segala sumber yang dibutuhkan. Jadi cukup fleksibel dan cocok untuk pilihan pekerjaan online untuk ibu rumah tangga sembari menunggu anak pulang sekolah, les atau mengaji.

Selain itu, biasanya profesi ini tidak menuntut ada pengalaman kerja serupa. Sehingga bagi kalian yang belum berpengalaman di bidang ini ada peluang untuk mencoba.

Minimal bisa mengoperasikan komputer khususnya ms. Office, bisa mengetik dengan cepat dan cermat, paham format. Selebihnya, skil yang dibutuhkan bisa kalian pelajari dengan memanfaatkan internet.

5. Graphic Designer

Profesi desainer grafis memiliki tugas menciptakan desain ilustrasi, tipografi, fotografi, dan motion grafis untuk keperluan media cetak dan elektronik.

Tuntutan utamanya harus mampu menghasilkan konsep visual baik secara manual maupun menggunakan aplikasi komputer atau digital.

Meskipun sudah banyak aplikasi pendukungnya editing, baik instan atau manual, namun seorang desain grafis harus memiliki ciri khasnya sendiri.

Tugas utama desain grafis adalah mengkomunikasikan ide-ide melalui seni visual seperti grafik, foto, dan teks, dengan tujuan menginspirasi dan menyampaikan pesan yang informatif serta menarik.

Untuk kalian yang hobi di bidang desain grafis, kalian bisa merangkap sekaligus sebagai content creator dengan membuat karya desain yang memiliki nilai jual.

6. Social Media Specialist

Jika dalam keseharian kalian tidak lepas dengan sosial media, suka posting konten, profesi ini cocok untuk kalian yang terbiasa mengelola konten di media sosial.

Portofolio online berupa aktivitas sosial media kalian bisa dimanfaatkan menjadi modal yang baik untuk mengambil peluang posisi Social Media Specialist.

Namun penting juga untuk menunjukkan skil dalam membuat strategi campaign sesuai goal bisnis dalam CV dan Portofolio saat melamar.

Kalian perlu mengembangkan skil kalian tidak hanya tentang content plan, namun juga belajar tentang riset, belajar tools atau aplikasi lain yang mendukung, sering mencari ide dan referensi konten dan sebagainya.

Jadi buat kalian yang suka mengatur rapi dan estetik sosial media kalian, coba saja untuk melamar profesi ini.

7. Online Tutor

Saat ini banyak kelas online yang memberikan ilmu, baik secara gratis maupun berbayar. Berdasarkan pengalaman dan dikuatkan dengan ilmu terkait, siapapun bisa menjadi tutor online.

Saking mudahnya kita mengakses informasi di media sosial dan platform lainnya, tidak dipungkiri banyak peminat yang lebih memilih kelas online daripada harus datang ke suatu lokasi.

Kalian bisa memanfaatkan profesi ini jika memiliki bidang ilmu yang bisa diterapkan dan di bagikan.

Stigma masyarakat biasanya jika ujungnya menjadi ibu rumah tangga, tidak perlu sekolah tinggi. Aku kurang setuju ya, karena kita bisa berbagi ilmu dimanapun dan kapanpun.

Beruntungnya, di era digital ini semua sudah sangat mudah dan terfasilitasi. Jadi, untuk menyebarkan manfaat plus menambah uang jajan, profesi ini bisa kalian pilih ya, teman.

8. Translator

Nah, profesi satu ini juga menjadi pilihan pekerjaan online untuk ibu rumah tangga yang memiliki ketertarikan dalam bahasa. Atau yang menguasai lebih dari satu bahasa.
  
Translator

Translator atau penerjemah adalah profesi yang bekerja untuk menerjemahkan kata maupun kalimat dari bahasa satu ke bahasa lainnya.

Tidak hanya menerjemahkan kata dan kalimat, namun translator harus menguasai konteks naskah. Agar pesan dan informasi yang dimaksudkan bisa tersampaikan dengan baik. Baik dari tingkatan rasa atau pilihan katanya.

Untuk itu, translator harus banyak membaca, mencari referensi dan sumber terkait untuk menguatkan terjemahannya.

Bagi kalian lulusan jurusan bahasa asing dan masih ingin bekerja dari rumah, profesi ini patut kalian coba!

Penutup

Banyak peluang di era digital untuk tetap produktif, berkarya dan mendapatkan penghasilan tambahan bagi ibu rumah tangga.

Beberapa pilihan pekerjaan online untuk ibu rumah tangga yang tidak bisa meninggalkan tanggung jawab rumah tangga juga cukup banyak.

Cari tahu lebih tentang profesi yang kalian inginkan, pilih profesi yang banyak peluangnya dan mudah dikerjakan, misalnya sebagai content writer atau content creator. Kemudian jangan lupa terus belajar dan upgrade diri.

Jika kalian tertarik untuk menjadi content creator, kalian bisa cari referensi fokus atau niche konten di artikel content creator ini, ya!

Atau jika kalian lebih suka berbisnis dari rumah saja, tapi modal minim?? Aku siapin rekomendasinya juga! Baca artikel peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta ya! 

Semoga bermanfaat!



















Sumber:
https://glints.com/id
https://depositobpr.id/blog/kerja-remote-adalah
https://www.kitalulus.com/kerja-remote/pekerjaan-remote-ibu-rumah-tangga
https://www.haibunda.com/moms-life/20230921093845-76-316528/9-pekerjaan-online-untuk-ibu-rumah-tangga-tanpa-modal-bekerja-dari-rumah
https://evermos.com/home/panduan/usaha/pekerjaan-online-untuk-ibu-rumah-tangga/
https://www.hops.id/unik/29411939993/cocok-untuk-ibu-rumah-tangga-berikut-3-pekerjaan-yang-mudah-dilakukan-hanya-modal-pakai-handphone
Sendy Yunika
Stay at Home Mom - Blogger - Writer

Related Posts

10 comments

  1. Wah banyak banget ya mbak pekerjaan online bagi ibu rumah tangga di rumah. Content creator sekarang emang paling banyak diincar sih, harus dimanfaatkan nih bagi ibu yang suka take video. Bisa tetap jaga keluarga dan menghasilkan cuan ya, lumayan.

    ReplyDelete
  2. Kemajuan digital tidak melulu memberikan dampak negatif ya mbak. Contohnya ini nih. Bidang pekerjaan semakin luas. Bahkan untuk ibu rumah tangga yang hanya di rumah saja bisa memanfaatkan kemajuan digital ini.

    ReplyDelete
  3. Banyak sebenarnya ya pekerjaan online yang bisa dimanfaatkan oleh ibu rumah tangga agar bisa isi waktu dan refress otak. Menjadi full ibu rumah tangga itu berat Lo, rawan stress. Maka belum media aktivitas untuk menyalurkannya. Bisa banget kerja dengan sistem remot kek gini. Selain dapat cuan, juga bakal nambah teman. Jadi meskipun full dirumah tetap memiliki banyak teman untuk hiburan..

    ReplyDelete
  4. wah jadi ibu rumah tangga ternyata banyak juga peluangnya ya mba.. apalagi yang translator ini sepertinya menarik

    ReplyDelete
  5. jaman sekarang alhamdulillah jauh lebih mudah ya, berkarir dari rumah pake dasteran pun bisa hihihi

    ReplyDelete
  6. Setuju banget,sebagai wanita kita harus mempunyai pendidikan tinggi sekalipun hanya jadi IRT tp kita adalah guru utama bagi anak2 kita nantinya dan seorang guru harus menguasai berbagai macam keahlian agar si murid jg mahir dalam segala hal..dan kita bisa dengan baik melaksanakan arahan dari kepala sekolah kita (suami)😁

    ReplyDelete
  7. Ternyata banyak juga ya, bisa di coba

    ReplyDelete
  8. Banyak ya mbak sebenernya peluang kerja utk ibu rumah tangga. Tinggal pinter2 mencari aja.

    ReplyDelete
  9. Menarique. Bahkan sekarang yang lagi hits itu online tutor nih. Di tempatku lagi gencar-gencarnya nyari tutor online buat ngelesin Anak jarak jauh gitu. Makin banyak peluang ya sekarang.

    ReplyDelete
  10. Sekarang sebagai ibu rumah tangga jadinya bisa teta produktif tanpa harus melupakan tugas rumah ya.

    ReplyDelete

Post a Comment