Header

Ceritaku: Cara Menjadi Blogger Pemula

30 comments
Konten [Tampil]
cara menjadi blogger pemula

Sebenernya tanggal 10 Maret 2022 kemarin, blog ini berusia tepat satu tahun. Yup, aku membuat blog ini bertepatan dengan peringatan hari Perempuan Sedunia. Ternyata tidak terasa, setahun sudah aku menjadi blogger pemula.

Saat membuat blog, jujur pengetahuanku tentang blog adalah nol besar. Aku hanya bermodal nekat dengan niat yang sudah bulat. Dengan tujuan yang besar, yang ingin segera aku realisasikan.

Learning by doing, mungkin sebutan yang pas untuk proses perkenalanku dengan blog saat itu. Aku mencoba mengutak-atik untuk memahami fungsi-fungsi fitur yang disajikan blog. Sampai akhirnya yang aku bisa hanya mengganti tema, membuat judul blog, menulis dan memosting tulisan. Hehe

Alhamdulillah, 2 bulan kemudian aku mendapatkan kesempatan belajar tentang blog dari nol. Hingga aku bisa merintis blog ku sampai pada titik ini.

Nah, karena banyak teman-teman yang bertanya "Gimana sih cara ngeblog?" Atau "Ajarin dong bikin blog!" Ada juga yang bilang, "Pengen juga bisa nulis di blog sendiri kayak kamu! Biar produktif!". Jadi kali ini aku mau bagi cara menjadi blogger pemula.

Tapi, sebelum itu. Aku mau sedikit jelasin perbedaan blog, blogging dan blogger ya.
Chek it out!

Pengertian Blog, Blogging dan Blogger. Apa bedanya?

Untuk pemula sepertiku -yang tidak tahu-menahu tentang blog- pasti agak bingung ya membedakan ketiga kata ini: blog, blogging dan blogger.

Sebagai pemula, kita harus tahu dulu apa perbedaan ketiganya. Aku sudah pernah menulis tentang ini dengan judul "Mengenal dan Belajar Blogging". Ini adalah tulisan pertama ku, tugas dari kelas Blogspedia, lho. Klik aja kalau penasaran, masih polos banget. Hihi

Tapi aku mau nulis lagi di sini nih, dengan pemahaman yang lebih dari sebelumnya dan pengalaman yang sudah ku dapat.
Blog blogging blogger

1. Blog

Blog adalah situs (website) berisi informasi yang dipublikasikan di World Wide Web (www) sebagai platform menulis. Blog umumnya merupakan website pribadi karena dikelola secara pribadi atau personal.

Blog juga disebut sebagai catatan harian yang tersaji secara online (online diary), yaitu catatan pribadi seorang bloger (pemilik blog) tentang apa saja yang ia alami, rasakan, dan ketahui untum dibagikan secara online.

2. Blogging

Blogging adalah semua aktifitas yang berhubungan dengan blog, seperti meng-update blog dengan konten-konten yang berkualitas untuk disajikan dan dibagikan atau aktivitas mengelola blog seperti mendesain dan mengisi blog.

3. Blogger

Blogger adalah orang yang ngeblog atau mengelola blog. Dalam KBBI disebutkan, bloger adalah sebutan untuk orang yang mengeblog; pengeblog; narablog.

7 Cara Menjadi Blogger Pemula

Cara ini berdasarkan pengalaman pribadi dan sudah ku koreksi berdasarkan ilmu blog yang aku pelajari selama ini. 

Jadi ku simpulkan ada 7 cara dasar untuk menjadi blogger pemula yang harus kalian tahu dan siapkan nih. 
7 cara menjadi blogger pemula

1. Niat dan Tujuan

Ini penting banget! Kalau ga ada niat dan tujuan, ya pasti ga kesampaian punya blog dan jadi blogger dong kan? Hehe.

Niat dan tujuan ini bisa disebut sebagai "Big Why" atau alasan terbesar kalian memilih menjadi blogger. Terlihat sepele, tapi big why ini akan sangat membantu dalam proses bertumbuh dan berkembang menjadi blogger.

2. Pilih Platform yang Nyaman

Jujur saat aku ingin membuat blog, aku tidak paham tentang platform. Alhamdulillah ada teman blogger yang bersedia banget ngajarin aku dengan telaten. Jelasin ada platform apa saja, plus minusnya, jadi aku mulai sedikit paham. Karena kebetulan temanku ini pengguna blogspot(dot)com, jadi aku juga memilih platform yang sama.

Alasannya simpel, biar gampang belajar ke temen yang sudah jauh lebih paham platform ini dari pada aku. Hehe.
Tapi saranku sih kalau kalian mau bikin blog, better coba buat akun dikedua platform tersebut. Biar kalian bisa merasakan platform mana yang nyaman dan sesuai kebutuhan kalian.

3. Memilih Topik Blog

Topik blog biasanya disebut dengan "Niche". Tiap blog pasti memiliki niche masing-masing. Ada niche pendidikan atau edukasi, ada kuliner, ada travelling, ada parenting, ada juga niche gado-gado alias apa aja dibahas. Hehe

Memilih niche blog juga penting sih, karena apa topik tulisanmu bergantung dari niche yang dipilih. Jadi, pilihlah niche yang kamu banget dan bikin kamu nyaman untuk nulis dan berbagai.

4. Menerapkan Manajemen Waktu yang Baik

Tidak dipungkiri, ngeblog juga butuh waktu dan prioritas lho! Kalau kamu mau blog mu berkembang dan besar, maka butuh konsisten dan disiplin blogging.

Maka dari itu, memiliki skill manajemen waktu yang baik sangat dibutuhkan. Biar apa? Biar ga keteteran, biar ga bersarang blog-nya dan biar ga malah dzalim pada diri sendiri. Maksudnya dzalim disini biasa aja kan karena semua kerjaan keteteran jadi bela-belain begadang sampai subuh buat ngeblog. Jangan ya, kesehatanmu lho! Eheheh

5. Kumpulkan Banyak Ide dan buat Content Plan

Ini nih, menulis itu juga butuh ide kan? Kalau ga ada ide, pasti ga ada bahan atau topik untuk menulis dan posting kan?

Jadi, banyak-banyak lah belanja ide. Gimana caranya??
  1. Membaca
  2. Blog walking
  3. Mencari tahu topik yang sedang tren

Setelah dapat idenya, segera buat content plan blog kamu. Lebih lengkapnya tentang content plan bisa baca di sini

6. Cari Support System, Bergabung dengan Group Blogger 

Dalam mencapai tujuan, kita pasti butuh supporter system kan ya? Karena semangat gampang menyala dan juga gampang redup. Jadi kita pasti butuh motivasi untuk menjaga semangat itu tetap hidup.

Bergabung dengan group blogger adalah cara tepat untuk tetap menjaga semangat blogging. Selain menambah teman, tentu saja banyak sekali ilmu yang dipanen di setiap sharing.
Jadi, carilah support system yang membuatmu terus bertumbuh dan semangat!

Seperti salah satu support system ku sesama Momblogger, pemilik blog Hamimku ini adalah sosok yang selalu menginspirasi. Senang menyemangati teman-teman untuk terus bertumbuh. Coba deh berkunjung, pasti banyak ilmu dan inspirasi yang kamu dapat.

7. Ikuti Kelas atau Seminar tentang Blog dan Menulis

Cara ketujuh ini sih wajib ya. Apalagi menjadi blogger pemula, kita harus banyak belajar dan update tentang blog dan menulis. Karena keduanya adalah pasangan yang terpisahkan (ya iyalah!)

Oleh sebab itu, sering-sering lah mengikuti kelas atau seminar tentang blog dan menulis untuk meningkatkan kualitas blog, performa blog dan skill menulis kita. Agar semakin cepat kita berkembang dan semakin bermanfaat.

Nah, itu dia 7 cara menjadi blogger pemula berdasarkan pengalaman dan ilmu yang ku peroleh. Semoga bisa membantu dan sedikit mencerahkan kalian untuk menjadi blogger pemula, ya. Semangat!

Related Posts

30 comments

  1. Konsistensi itu yang berat banget :) btw, setahun tapi blognya udah sekece ini hebat lo. Rapi, produktif dan semoga ke depan akan semakin lebih banyak tulisan-tulisan menginspirasi yang hadir ya :)

    ReplyDelete
  2. Ide dan konsisten yang terkadang sulit. Klo pas lg mentok. Kadang ya udah bisa nggak nulis berminggu-minggu. Hehehehhe tapi kalau pas lg ada ide, rasanya mau nulis terus.. bener kadang kita harus melihat org lain dl sebagai insoirasi kita lalu kembangkan versi kita. untuk konten menulis kita ya.

    ReplyDelete
  3. Yang penting konsisten, menulis terus menulis ya meski kadang suka tiba - tiba hilang ide, hehehe. Semangat selalu yaaa

    ReplyDelete
  4. Konsisten, kata-kata yang mudah diucapkan tapi susah banget buat dipertahankan. Yuk semangat buat para Blogger!

    ReplyDelete
  5. Kerenn baru satu tahun sudah bisa seberkembang ini mbak, saya jadi inget zaman saya baru ngeblog duluu nggak tahu apa2 sama sekali. Sekarang nggak terasa sudah ngeblog 3 tahun haha

    ReplyDelete
  6. wah selamat yaaa

    membuat blog mah gampang, tapi ngisi blog dengan konsisten itu yang sulit

    ReplyDelete
  7. Keren... kita sesama momblogger yang saling mendukung ya mbak kadang kita tuh semangat karena emang saling menyemangati

    ReplyDelete
  8. Yeaaah, semoga selalu semangat ngeblog ya kak, terus menebar manfaat dan berbagi informasi . Konsisten itu agak sulit semoga bisa melewatinya.

    ReplyDelete
  9. Selamat kakak blognya sudah setahun ya.Aku baru 89 hari. Masih banyak belajar. Karena ini blog khusus organik jadi setiap hari harus mencari ide.Untunglah aku suka membaca jadi gak beban,he he he

    ReplyDelete
  10. Semoga aktifitas blogger bisa mendapatkan semangat meningkatkan ketrampilan menulis dan prestasi

    ReplyDelete
  11. Wahh kerennya, baru setahun tapi kemajuannya udah pesat banget. Sebagai yang udah lebih dulu punya blog, saya jadi malu nih

    ReplyDelete
  12. selamat ya udah 1 tahun nih untuk sendyyunika. semoga tetap konsisten menjadi blogger, semakin sukses juga ya. jadi blogger yang paling penting emang sih, the why nya harus kuat

    ReplyDelete
  13. Semangaat mba, semoga kita terus bisa konsisten sepanjang hayaat hehe aamiin

    ReplyDelete
  14. Baru setahun tapi blognya keren, rapih banget lho mba. Aku yang ngeblog udah lama tapi masih random banget. Semoga tetap konsisten ya...

    ReplyDelete
  15. Yang paling sulit itu menurut aku mentukan tema blog karena itu yg akan ditulis sepanjang blog itu berdiri terutama bagi yg mengambil topik niche. Thanks ya kak infonya.

    ReplyDelete
  16. Kalau awal-awal itu butuh bnget yg namanya support system memang untuk terus semangat dan bertumbuh. Seiring waktu, yg terpenting juga salah satunya memang konsisten ya mbak. Wkwk. Jadi keinget belum nulis beberapa hari ini :')

    ReplyDelete
  17. KAlau sudah setahun ngeblog, artinya mbak Sendy bukan bloger pemula lagi... Yuk semangat! one week one article... eh kurang ya....

    ReplyDelete
  18. Wah udah setahun ngeblognya ya, senior nih, usia blogku aja belum stahun mb. hehe. Mantab nian nih, boleh dong dibimbing juniornya.

    ReplyDelete
  19. Cerita yang sangat berkesan ya, Mb menjadi blogger dari nol sampai tanpa batas terus berproses. Semakin belajar semakin banyak yang belum bisa.

    ReplyDelete
  20. Big why sama support grup tuh alasan utama yang bikin aku masih bertahan nulis di blog sampai saat ini. Walaupun kadang terselip cuan juga si wkkk

    ReplyDelete
  21. iya bener banget, big why yang kuat adalah alasan bertahan geblog hingga detik ini . Kalau Big why ngeblognya ga ada atau kurang kuat maka blognya kan menjadi sarang laba-laba hihi

    ReplyDelete
  22. Ikut komunitas atau grup blogger emang cara ampuh biar jaga konsistensi menulis ya mba..smangat

    ReplyDelete
  23. merasa ditampar nih, Mbak. :D
    Emang butuh diingatkan lagi big why-nya. Makasih banyak mbak Sendy. Semangat yaaak:)

    ReplyDelete
  24. Dulu waktu awal ngeblog, nulisnya cuma curhat saja, baru setelah gabung dengan komunitas blog, kerasa banget ilmu-ilmunya, jadi terarah perlahan

    ReplyDelete
  25. semangat di poin konsisten ny ya ka, hehhe aku sush bnget nih buat konsisten ngeblog.

    ReplyDelete
  26. Sama euy, pendatang baru di dunia blog. Seneng banget bisa sampai tahap ini ya mbak.

    ReplyDelete
  27. Penerapan manajemen waktu ini yang masih jadi pe er banget untukku.. Semoga bisa lebih baik juga deh kedepannya :D

    ReplyDelete
  28. Dulu pertama bikin gara-gara nyemplung di ICC, jadilah asal bikin blog. Alhamdulillah lanjut dipertemukan dengan blogspedia. Mantap.

    ReplyDelete
  29. Keren euy setahun udah seproduktif ini. Kayanya aku dulu setahun lebih banyak magernya daripada nulisnya hehe.

    ReplyDelete
  30. Salut saya denganmu mbak. Progress luar biasa untuk waktu 1 tahun. Saya jadi malu, masih banyak belum konsisten dibandingkan denganmu, mbak

    ReplyDelete

Post a Comment