Iklan

Header

Kursus Komputer Berapa Lama dan Berapa Biayanya? Cek disini!

Post a Comment
Konten [Tampil]
kursus komputer berapa lama
Teman, kursus komputer berapa lama sih agar bisa mahir? Atau berapa pertemuan yang harus kita hadiri untuk dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat? Berapa ya biayanya? Ada yang tahu nggak?

Setelah mencari tahu besarnya peluang dan manfaat dari mengikuti kursus komputer, khususnya untuk ibu rumah tangga yang di rumah saja. Sekarang muncul pertanyaan baru
“kursus komputer berapa lama ya agar bisa mendapatkan sertifikat? kira-kira berapa ya biayanya?”
Mengapa pertanyaan ini muncul? Ya, tentu karena untuk belajar, memahami dan kompeten di suatu bidang kita harus meluangkan waktu, bukan?

Apalagi setelah tuntas belajar, kita mendapat sertifikat yang berisikan pengakuan bahwa kita memiliki kompetensi di sebuah program komputer yang kita ambil tersebut.

Tidak cukup hanya mengetahui manfaat dan peluang dari mengikuti kursus komputer. Tetapi kita juga perlu mencari tahu berapa lama waktu yang kita butuhkan dan biaya yang dikeluarkan untuk belajar.

Nah, berikut adalah rangkuman tentang program, biaya, dan durasi waktu belajar di kursus komputer. Simak, yuk!

Kursus Komputer Berapa Lama?

Menarik! Kata itu adalah kata yang keluar pertama kali setelah aku mencari tahu peluang dari kursus komputer bisa kerja apa saja. Khususnya bagi ibu rumah tangga yang ingin berpenghasilan dari rumah sepertiku.

Di era digital ini, sangat besar peluang yang bisa kita ambil dengan bermodal skill komputer yang dimiliki. Asalkan kita bisa menekuni minimal satu bidang dari banyaknya ilmu komputer dan teknologi.

Dan biasanya tiap tempat kursus memiliki program belajar dengan target yang berbeda. Sehingga durasi waktu belajar pun akan disesuaikan dengan target-target tersebut. 

Begitupun dengan jenis kelas. Kebanyakan kursus komputer memiliki minimal 2 pilihan kelas. Tapi tentunya tiap tempat kursus komputer berbeda ya, tergantung program dan target yang dirancang.

Pilihan Kelas Kursus Komputer

1. Kelas Reguler

Kelas belajar yang dilaksanakan di tempat kursus komputer, biasanya 2-3 kali jadwal pertemuan dalam satu pekan dengan durasi waktu yang ditentukan. Pada umumnya tiap sesi memiliki durasi 2-3 jam. Dalam kelas regular biasanya diisi minimal 3 orang peserta hingga 5 orang peserta.

2. Kelas Privat

Kelas privat adalah kelas yang kita atur sendiri jadwal pertemuannya. Kelas belajar bisa dilaksanakan di tempat kursus komputer atau dilaksanakan di rumah dengan jadwal yang fleksibel.

Kelas privat adalah kelas yang tepat jika kamu tidak banyak waktu untuk pergi ke tempat kursus atau memiliki banyak waktu luang.

Namun selain kedua pilihan kelas di atas, ada juga pilihan kelas yang ditawarkan oleh tempat kursus komputer. Misalnya, kelas khusus pelajar, kelas khusus anak, kelas pelatihan pegawai. Semuanya tergantung tempat kursusnya.

Kursus Komputer Berapa Lama dan Berapa Biayanya?

Sekarang kita masuk ke pembahasan inti dari pertanyaan mengikuti kursus komputer berapa lama dan berapa biayanya? Pasti 2 hal ini menjadi hal yang sangat diperhatikan setelah memilih program belajar apa yang akan diambil di kursus komputer kan?

Nah, dari banyaknya program belajar di kursus komputer, aku merangkum sedikitnya 5 kelas yang sangat tinggi peminatnya, yaitu:

1. Kelas Microsoft Office

Microsoft Office adalah perangkat lunak untuk aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Aplikasi di dalam Microsoft Office yang dipelajari di kelas ini adalah Word, Excel dan PowerPoint.

Keahlian dalam menggunakan software administrasi perkantoran ini sangat dibutuhkan. Dengan kata lain, menguasai software ini adalah modal paling dasar yang harus dimiliki.

Kursus ini sangat cocok untuk pelajar, mahasiswa, guru/dosen, karyawan, sekretaris, bahkan pemula yang ingin belajar seperti ibu rumah tangga, freshgraduated, atau profesi lainnya.

Rata-rata waktu kursus Microsoft office berlangsung selama 8-17 pertemuan dengan durasi belajar selama 2 jam per-sesi. Biaya untuk kursus ini berkisar antara Rp. !.750.000 – 2.500.000.

2. Jaringan Komputer

Dalam program ini, peserta diajarkan pengetahuan dasar tentang jaringan komputer, mengenal perlengkapan jaringan komputer, menciptakan jaringan komputer, merawat dan mengerjakan perbaikan jaringan.

Tujuan kursus ini ialah memberikan pemahaman dan ketrampilan mengenai jaringan komputer untuk para peserta. Kursus ini cocok untuk kalian yang ingin menjadi Technical Support , teknisi jaringan komputer, staf IT atau staf unsur umum (GA).

Rata-rata lama belajar jaringan komputer ini adalah selama 6-10 pertemuan dimana durasi belajar selama 2 jam per-sesi. Dan biaya untuk kursus ini berkisar antara Rp 2.500.000-3.000.000.

3. Design Grafis

Keahlian desain grafis sangat dibutuhkan untuk mempromosikan produk atau layanan yang ingin dipasarkan oleh perusahaan.

Produk desain grafis yang dibutuhkan biasanya adalah pembuatan logo (2D atau 3D), desain kemasan, desain brosur, flyer, editing foto, konten medsos dan masih banyak lagi yang lainnya.

Materi yang dipelajari meliputi dasar-dasar desain grafis, penggunaan software Photosop, illustrator, dll. 

Lama waktu belajar berbeda-beda ditiap kursus komputer, yaitu mulai dari 8 – 32 pertemuan dengan durasi 2 jam per-sesi. Biaya kursusnya pun beragam, mulai dari Rp. 2.500.000 - 3.000.000.

Kursus ini cocok untuk kamu yang suka menggambar, pelajar, bahkan pemula yang ingin belajar desain.

4. Web Master

Program web master adalah gabungan belajar dari kursus web design dan web programing. Program ini belajar tentang pembuatan Website pada materi Web Design.

Sedangkan materi Web Programing meliputi bahasa pemrograman, antara lain HTML, CSS, PHP, Java Script, Server XAMPP, Database PHP MySQL serta pengoperasian web sebagai sarana e-commerce.

Lama belajarnya adalah 15-18 pertemuan dengan durasi belajar selama 2 jam per-sesi. Biaya untuk program web master berkisar antara Rp. 4.000.000 – 5.000.000.

Namun jika kalian hanya ingin mengambil salah satu kelas antara web design atau web programing, lama waktu belajarnya adalah 8-10 pertemuan dengan durasi 2 jam belajar per-sesi. Harga kedua kelas ini hampir sama yaitu berkisar Rp 1.500.000 – 2.000.000.

5. Digital Marketing

Pada kursus ini, kita akan belajar tentang pemasaran produk maupun jasa yang dilaksanakan dengan media digital. 

Tujuan dari pemasaran ini ialah untuk mencapai sebanyak-banyaknya target kustomer secara efisien, personal dan relevan.

Materi yang akan dipelajari mulai dari dasar digital marketing, cara membuat content marketing, penulisan copy untuk konten, SEO, Facebook & IG ads, dan banyak lagi.

Kelas ini sangat cocok untuk pembisnis, pelaku UMKM, ibu rumah tangga yang memiliki bisnis online, dll.

Lama waktu belajar mulai dari 15-24 pertemuan dengan sesi belajar 2 jam per-sesi. Biaya untuk kursus digital marketing berkisar mulai dari Rp. 3.000.000 – belasan juta.

Nah, itu lah referansi atau gambaran untuk menjawab pertanyaan kursus komputer berapa lama dan berapa biayanya?

Selain hal-hal di atas yang perlu diperhatikan , simak juga tips untuk memilih tempat kursus komputer berikut, teman!

Tips Memilih Kursus Komputer

tips memilih kursus komputer
1. Cek program kursus yang akan dipilih
2. Cek kelengkapan materi
3. Pilih tempat kursus komputer terdekat
4. Perhatikan fleksibelitas jadwal dan waktu belajar
5. Cek rating tempat kursus computer di Google
6. Cari tahu tentang izin, sertifikasi dan akreditasi tempat kursus komputer
7. Fasilitas yang ditawarkan 
8. Kualitas dan kompetensi trainer
9. Layanan dan jaminan setelah lulus
10. Jaringan alumni dan partner kursus komputer

Penutup

Bagaimana teman? Terjawab kah pertanyaan kursus komputer berapa lama dan berapa biayanya? Semoga dari penjelasanku di atas, kalian mendapat sedikit gambaran, ya!

Tentu saja tiap kursus komputer memiliki program kelas dan target yang berbeda. Sehingga durasi lama jam belajar dan berapa banyaknya pertemuan tidak bisa dipukul rata. Begitupun dengan nominal biayanya.

Pilihlah yang paling pas dan cocok dengan kebutuhan dan kemampuan kalian. Dan jangan lupa untuk melakukan tips memilih tempat kursus komputer juga. Semoga bermanfaat!











Referensi:
https://www.itkomputer.com/
http://multicomcendekia.com/
https://netcampus.co.id/
http://radityakomputer.com
https://www.indonesiantechnology.net/

Related Posts

Post a Comment