Iklan

Header

Kursus Komputer Bisa Kerja Apa Saja? Ada Peluang untuk IRT!

1 comment
Konten [Tampil]
 
Kursus komputer bisa kerja apa
Ketika melihat tempat kursus komputer, pernah tidak muncul pertanyaan "Kursus komputer bisa kerja apa saja sih? Apa benefitnya? Apakah memiliki peluang lebih besar? Apakah bisa diaplikasikan dan bekerja dari rumah?"

Seperti yang kita tahu, kita berada di zaman dimana perkembangan teknologi sangat pesat. Menurutku, memiliki skill yang memumpuni di bidang teknologi selain sebagai senjata untuk bersaing di dunia kerja juga bisa menjadi bekal untuk masa depan. Setuju??

Di zaman serba modern ini, kita seakan tidak bisa lepas dari teknologi dan digital. Fleksibilitas kerja pun semakin meningkat. Orang-orang tidak hanya bekerja di kantor saja, tetapi juga bisa bekerja di manapun. Bisa bekerja dari rumah atau disebut WFH (work from home) atau di tempat tongkrongan sekalipun.

Menurutku banyak peluang terbuka untuk mendapatkan penghasilan di era digital ini. Salah satunya peluang pekerjaan untuk IRT, alias ibu rumah tangga yang kesehariannya di rumah saja (seperti diriku).

Dengan memiliki skill di bidang teknologi dan digital, tentu seorang IRT pun bisa berkarir. Nah, salah satu cara untuk mendapatkan skill tersebut bisa dengan mengikuti kursus komputer, teman!

Memangnya, setelah mengikuti kursus komputer bisa kerja apa dari rumah?
Penasaran apa saja peluangnya?
Simak ya!

Kursus Komputer Bisa Kerja Apa?

Ada banyak program belajar yang ditawarkan di tempat kursus komputer, pilihlah sesuai kebutuhan dan budget ya, teman! Nah dari program-program belajar di tempat kursus komputer bisa kerja apa saja kira-kira yang cocok untuk IRT? 
Ini dia.. 
Kursus komputer bisa kerja apa

1. Digital Marketer

Digital marketer adalah seseorang yang bekerja bidang pemasaran menggunakan platform digital. Seorang digital marketer memiliki tanggung jawab dalam brand awareness suatu produk dan sebagai perantara untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Tentu banyak yang perlu dipelajari dan dikuasai oleh seorang digital marketer, seperti cara menulis konten yang bagus, cara membuat konten yang menarik, cara menulis copy yang menjual, belajar SEO, dll.

Biasanya digital marketer bekerja menggunakan media seperti email, website dan media sosial seperti Instagram, Whatsapp, Line, Facebook, dsb.

Ternyata banyak lho potensi yang bisa diulik dari seorang digital marketer. Kamu juga bisa fokus berkarir dan mendapatkan penghasilan dari pekerjaan-pekerjaan ini. Yuk, cek jawaban untuk pertanyaan "kursus komputer bisa kerja apa saja untuk IRT?" berikut:

1. Content creator

Dilansir dari Glints, menurut HubSpot content creator adalah orang-orang yang membuat materi (konten) yang memiliki nilai edukasi, informasi dan hiburan.

Konten yang dibuat dapat disebarkan melalui media sosial seperti Instagram, Tiktok, Youtube dan juga website berupa blog, infografik dan ebook.

Proses pembuatan konten tidak sekadar mengandalkan kreativitas semata. Ada teknik dan strategi yang perlu dipahami agar bisa mencapai target audiens. Dan materi tentang semua itu bisa didapatkan melalui kursus komputer. 

2. Content Writer

Nah, untuk kalian yang suka sekali menulis, menjadi seorang content writer adalah pilihan yang tepat. 

Dilansir dari Glints, content writer adalah seorang penulis profesional yang memproduksi konten-konten menarik di media online.

Konten yang mereka ciptakan bisa berbentuk artikel blog, post di sosial media, atau apa pun yang ditulis dalam platform online. Menjadi blogger juga termasuk memiliki skill content writer ya, teman?

Content writer terdiri dari beberapa jenis, lho. Ada writer SEO, jurnalistik, generalist, technical, dan media sosial. Tinggal sesuaikan saja dengan passion, kalian suka menulis jenis yang mana?

3. Copywriter

Dilansir dari Glints, seorang copywriter memiliki tujuan yang mengarah pada komersil seperti menaikkan penjualan, sign up, download, atau membeli suatu produk.

Tidak hanya menulis dalam bentuk artikel, copywriter juga menulis untuk aset perusahaan seperti ads, campaign, sales landing pages, atau email blast. Pekerjaan yang satu ini juga sering dicari perusahan, lho. 

2. SEO Specialist

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yang berarti optimisasi mesin pencarian.

Dilansir dari Glints, pekerjaan SEO specialist berkutat pada optimisasi mesin pencarian untuk hasil pemasaran yang lebih baik, sesuai ujaran Brain Station.

Tugas seorang SEO specialist adalah bertanggung jawab untuk mengatur strategi konten yang akan di-post. Konten tersebut akan diisi oleh keyword  tertentu.

Tujuannya tentu agar dapat meningkatkan traffic website perusahaan, serta meningkatkan ranking pencarian tentang perusahaan di berbagai macam mesin pencarian.

Banyak sekali lho, tawaran pekerjaan (freelance) untuk menulis artikel SEO dengan nominal gaji di atas UMR Jakarta. Menarik bukan?

3. Web Designer

Web Designer adalah orang yang memiliki keahlian untuk membuat tampilan website jadi menarik. Misalnya efek ilustrasi pada website, tipografi, keseimbangan kontras, layout, dll. 

Seorang web designer harus mempunyai kemampuan mendesain yang baik. Namun, tidak hanya mendesain, web designer juga perlu memahami bahasa pemrograman, seperti HTML dan CSS yang bisa kita pelajari dengan mengikuti kursus komputer.

Profesi yang satu ini juga banyak dicari, lho! Karena semakin banyak perusahaan atau pebisnis yang bertransmigrasi dari bisnis offline menuju bisnis online.

4. Desainer Grafis

Menurut American Institute of Graphic Arts (AIGA) yang dilansir Ramussen, dijelaskan bahwa Desainer Grafis adalah orang yang melakukan praktik seni dengan perencanaan atau proyeksi ide dan pengalaman melalui konten visual dan tekstual.

Desainer grafis umumnya mengkomunikasikan ide atau pesan tertentu secara visual. Konten visual yang dibuat oleh seorang desainer grafis dapat meliputi logo bisnis, hingga tata letak (layouting) pada laman website.

Nah, untuk profesi yang satu ini sudah harus menguasai ilmu desain ya, teman. Dengan mengikuti kurus komputer, kita akan dikenalkan banyak perangkat lunak untuk membuat desain, baik feature dan teknik pengerjaanya.

Jika kamu menyukai desain dan ingin menjadi desainer grafis, kamu juga bisa lho membuka bisnis sendiri. Banyak sekali peluang yang dapat diambil oleh seorang desainer.

5. Video / Photo Editor

Siapa sih yang tidak kenal dengan profesi satu ini?
Video editor adalah seseorang yang melakukan proses editing video atau konten video yang akan dimuat di platform atau website.

Video Editor bertanggung jawab dalam memilih, merangkai ataupun memanipulasi beberapa materi video yang sudah direkam yang kemudian menjadi satu video utuh yang siap untuk ditayangkan atau disebarluaskan.

Sedangkan photo editor, memiliki tugas untuk membuat foto, menyortir sejumlah foto dan menyuntingnya untuk menjadi foto yang layak dipublikasikan sesuai dengan medium yang ditentukan.

Memang di zaman modern ini semua orang bisa menjadi photo editor, karena sudah banyak aplikasi instan yang dapat diunduh gratis di smartphone untuk mengedit foto.

Namun, tentunya dengan mengikuti kurus komputer kita akan belajar teknik professional untuk hasil yang lebih maksimal.

Nah, itu dia peluang profesi yang bisa dikerjakan oleh lulusan kursus komputer. Khusunya untuk para IRT karena peluang pekerjaan di atas bisa dikerjakan dari rumah.

Lalu, apa saja sih benefit lain dari kursus komputer selain skill untuk mendapatkan peluang pekerjaan?

Benefit Mengikuti Kursus Komputer 

Kursus komputer bisa kerja apa

1. Lebih Percayaan Diri

Setelah mengikuti kursus komputer, pastinya kita akan lebih percaya diri. Percaya diri untuk bersaing di dunia kerja ataupun percaya diri karena memiliki sebuah kemampuan yang bisa diaplikasikan bagi seorang IRT.

Tentunya dengan bekal kemampuan yang diperoleh dari kursus komputer, kita juga lebih percaya diri untuk personal branding dan bisa menentukan rate untuk pekerjaan yang ditawarkan.

2. Meningkatkan Skill dan Kualitas Diri

Bisa jadi selama ini kita tidak menyadari potensi yang kita miliki, lho! Lalu setelah mengikuti kursus, kita semakin mengenal dan bisa mengasah potensi tersebut. Sehingga ketika skill kita semakin meningkat, maka semakin meningkat pula kualitas diri kita.

3. Belajar Lebih Banyak

Kursus komputer lebih terarah karena dibimbing oleh pengajar yang mengajari dan mendampingi dari nol hingga mahir menggunakan komputer. Selain itu banyak juga program yang bisa kita pilih sesuai dengan passion dan kebutuhan pekerjaan kita.

4. Menambah Pengetahuan dan Wawasan

Di tempat kursus, selain menimba ilmu kita juga bisa menambah pertemanan. Semakin banyak teman artinya semakin banyak pelajaran dan pengetahuan. Karena kita bisa saling bertukar pikiran, berbagi pengalaman dan juga berbagi pengetahuan. 

5. Mendapatkan Sertifikat

Mengikuti kurus komputer, kita akan lebih banyak melakukan praktek dibandingkan teori. Karenanya, setelah lulus program belajar, kita akan mendapatkan sebuah sertifikat. Sertifikat ini merupakan selembar dokumen yang berisikan pengakuan bahwa seseorang memiliki kompetensi di bidang komputer.

Nah, sertifikat ini dapat digunakan sebagai dokumen pendukung saat melamar kerja, sebagai dokumen pendukung saat melamar beasiswa tertentu khususnya di bidang komputer dan sejenisnya dan sebagai bukti untuk menunjukan bahwa kita mampu menguasai secara detail sebuah program komputer.

Kesimpulan

Tidak diragukan lagi, ternyata lulusan kursus komputer bisa kerja apa saja sesuai dengan minat dan passion masing-masing. Bisa mengaplikasikan ilmu dan skill yang diperoleh untuk pekerjaan di kantor maupun dari rumah.

Banyak sekali benefit yang didapatkan setelah mengikuti kurus komputer, selain ilmu dan skill juga peluang pekerjaan yang bisa didapat. Khususnya untuk para IRT sepertiku yang ingin berkarir dan berpenghasilan dari rumah.

Jadi gimana, teman? Tertarik untuk mengikuti kurus komputer??










Refrensi:
https://glints.com
https://www.indonesiantechnology.net
https://www.niagahoster.co.id
https://www.ekrut.com

Related Posts

1 comment

  1. Our multi-award successful slots portfolio incorporates distinctive in-house content material consisting of over 250 video games, out there plenty of} currencies, 33 languages and all major certified markets. While there might not be a devoted cell software for Rich Palms customers, the cell compatibility is still fairly strong. The web site works perfectly on all cell gadgets, 온라인 카지노 and many of the video games can be found for gambling on the go. Besides that, players can even take advantage of|benefit from|reap the advantages of} extra thrilling promos, together with Refer a Friend, 10% Weekly Rebate, heaps of|and plenty of} extra. Make sure you examine ongoing bonuses incessantly, so that you don’t miss out on the most recent alternatives ready for you.

    ReplyDelete

Post a Comment