Header

15+2 Ide Bisnis Persewaan Modal Kecil Berpeluang Besar

Post a Comment
Konten [Tampil]
ide bisnis persewaan modal kecil
Teman, kali ini aku mau membahas tentang bisnis persewaan modal kecil, nih. Aku tertarik membahasnya karena menurutku bisnis persewaan memiliki potensi dan peluang yang besar.

Aku baru sadar setelah seringnya aku menemani anakku main di playground ala-ala di pasar malam gitu. Kebanyakan mainan yang disediakan berupa mandi bola, 1-2 perosotan, kuda-kudaan, masak-masakan, ayunan dan juga area main pasir.

Harga tiket masuk pun beragam, tergantung kelengkapan permainan. Biasanya antara 8.000 hingga 15.000  ribu per anak. Itu sudah main sepuasnya, lho! Dari buka sampai tutup juga boleh. Hehe. Dan biasanya ketika anak selesai bermain, anak juga dapat hadiah berupa balon atau mainan murah lainnya.

Itu sih yang menjadi daya tarik anak-anak. Udah puas main, masih dapat hadiah pula! Mamak juga seneng sih, murah! Hehe.

Nah, dari sana aku mulai berpikir, ternyata bisnis seperti ini lumayan juga ya untungnya? Menurutku ini termausk salah satu bisnis persewaan modal kecil, karena modalnya berupa permainan anak.

Permainan anak termasuk barang tahan lama (durable goods). Diganti saat rusak atau tak layak pakai. Kita juga bisa membelinya bekas, tidak perlu baru. Asal masih layak pakai. Jadi bisa dibilang bisnis ini modal di awal saja.

Sedangkan untuk lahan, pembisinis bisa sewa bulanan (lokasi tetap) atau sewa harian (lokasi berpindah). Tapi kalau punya lahan sendiri, ya makin mantab!

Nah, dari contoh di atas aku jadi penasaran teman, bisnis persewaan modal kecil apa lagi yang bisa mendatangkan keuntungan besar.
Yuk, simak rekomendasi ide bisnis persewaan modal kecil di bawah ini!

Bisnis Persewaan Modal Kecil

Selain bisnis kuliner, bisnis persewaan juga memiliki daya tarik sendiri di dunia bisnis. Nah, berikut adalah rekomendasi ide bisnis persewaan modal kecil yang memiliki peluang besar.
 
ide bisnis persewaan modal kecil

1. Persewaan Mainan Anak

Selain bisnis persewaan modal kecil seperti contoh di atas, persewaan mainan anak juga bisa berupa persewaan bendanya (mainan) dalam kurun waktu tertentu. Pilihan waktu sewa biasanya dalam waktu sepekan atau bulanan.

Namanya juga anak-anak, pasti sering minta belikan mainan. Dan biasanya mainan anak kan sesuai ketertarikan tahap perkembangannya. Nah, jika anak kalian punya banyak mainan edukasi, apalagi yang sesuai tahap perkembangan anak, bisa tuh kalian mencoba bisnis ini, teman.

2. Persewaan Perlengkapan Bayi

Selain mainan, bisnis persewaan perlengkapan bayi juga punya peluang yang bagus. Kalau orang Jawa nih, biasanya tidak boleh membeli perlengkapan bayi sebelum si bayi lahir. Nah, untuk menyiasatinya ya nyewa dulu.

Untuk kalian yang tinggal di Jawa, bisnis ini memiliki peluang besar. Kalau perlengkapan bayi kalian cukup lengkap, seperti: kasur bayi, box bayi, ayunan bayi, set bak mandi, stroller, car seat, dll. Boleh dicoba, teman.

3. Persewaan Play Station

Meski sekarang lebih nge-trend main game online, tidak dipungkiri peminat game play station juga masih banyak. Buktinya, play station masih saja mengeluarkan versi terbarunya.

Nah, untuk kalian yang tinggal di lingkungan banyak bocah dan abege (anak baru gede) bisa nih mencoba bisnis ini. Kalian juga bisa membeli bekas jika ingin mencoba bisnis ini.

4. Persewaan Kamera

Para pecinta fotografi nih biasanya memiliki kamera lebih dari satu. Nah, ini bisa menjadi peluang bisnis persewaan modal kecil juga lho! Berawal dari hobi lalu menjadi bisnis. Lumayan kan memanfaatkan peluang yang ada.

Seperti adik iparku, teman. Dia seorang fotografer yang punya banyak kamera. Biasanya memang selalu update kamera versi terbaru demi kualitas foto dan videonya. Alhasil, banyak kamera versi sebelum-sebelumnya yang tidak terpakai. Akhirnya sebagian dia jual, sebagian dia sewakan. Harga sewa biasanya 80-100 ribu per-hari. Lumayan nambah uang jajan kan, teman?

5. Persewaan Peralatan Masak

Para ibu yang hobi masak, biasanya memiliki peralatan masak yang lengkap nih. sampai-sampai punya etalase atau lemari khusus untuk menyimpan peralatan masaknya. Benar tidak?? Mana nih yang punya peralatan masak super lengkap? Hehe.

Dari hobi menjadi bisnis lagi ceritanya, bisa lah ya masuk dalam ide bisnis persewaan modal kecil. Biasanya orang-orang yang menyewa peralatan masak ini digunakan untuk pesta, acara keluarga, atau untuk bepergian, contohnya seperti kompor portable.

6. Persewaan Motor

Harga motor memang tidak murah, namun motor bisa dijadikan bisnis, teman. Untuk kalian yang tinggal di kota wisata dan memiliki motor lebih. Bisa lho mencoba bisnis ini.

Tidak perlu motor khusus. Motor yang digunakan sehari-hari bisa juga kita sewakan untuk wisatawan. Waktu sewa biasanya hitungan hari, paling lama biasanya sih seminggu. Kan lumayan teman, dapat penghasilan tambahan dari bisnis ini.

7. Persewaan Sepeda

Sama halnya dengan persewaan motor, persewaan sepeda juga memiliki peluang yang sama di kota wisata. Biasanya wisatawan kota lebih memilih bersepda menyusuri desa atau jalan kota yang asri dan sejuk dibandingkan memakai kendaraan bermotor.

Kalau peluang ini ada pada kalian, boleh di coba, teman! Untuk pemula, coba saja sewakan sepeda yang ada di rumah. Siapa tahu bisnis ini berjalan dan kalian bisa menambah item sepeda. Syukur kalau ada modal lebih untuk membeli beberapa sepeda.

8. Persewaan Rombong Jualan Kaki 5

Kalau bisnis yang satu ini juga termasuk bisnis persewaan modal kecil karena kisaran harga rombong sekitar 1.500.000 hingga 1.750.000. Nah, dari modal ini selain mendapatkan keuntungan kalian juga memberi lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Bisa saja kan ada tetangga atau orang sekitar yang ingin jualan nasi goreng, bakso atau semacamnya tapi belum bisa membeli rombongnya. Peluang ini bisa kalian coba.

9. Persewaan Lahan Parkir

Menurutku persewaan lahan parkir bukan termasuk bisnis persewaan modal kecil ya? Karena kan sudah tersedia aja gitu lahannya. Hehe.

Tapi bisnis ini bisa kalian coba, teman. Kalau kalian ada lahan kosong dekat sekolah, dekat tempat wisata, pasar malam, mall dan sebagainya. Lumayan kan ya dari pada lahan kosong nganggur, bisa kalian sewakan untuk lahan parkir.

10. Lahan atau Stand Untuk Pedagang

Sama dengan persewaan lahan parkir, jika kalian punya lahan atau stand untuk pedagang, teras depan rumah misalnya. Kalian bisa ambil peluang ini untuk berbisnis. Bisnis ini tentu masuk dalam bisnis persewaan modal kecil, karena kita hanya menambah biaya listrik dan air saja.

11. Persewaan Alat Kemah

Bisnis yang satu ini juga bisa dibilang hobi jadi bisnis nih untuk yang suka kemah. Biasanya kan juga punya alat-alat kemah cukup lengkap. Nah, bisa tuh di sewakan agar bisa menghasilkan uang, teman.

Apalagi kalau kalian masuk dalam suatu komunitas semacam pecinta alam atau pendaki, pasti banyak sekali teman dan jejaring yang akan menyewa.

12. Persewaan Alat Renang Dan Selam

Sama dengan alat kemah, jika kalian tinggal di dekat laut, peluang bisnis ini bisa kalian coba. Apalagi di tempat wisata laut. Pasti tidak asing jika banyak persewaan alat renang dan selam. Nah, kalian juga bisa ambil peluang ini, teman.

13. Persewaan Karpet

Kalau bisnis yang satu ini, meski terlihat sederhana dan simple tapi juga memiliki peluang besar lho, teman. Biasanya karpet dibutuhkan untuk acara-acara yang sifatnya lesehan. Seperti arisan, pengajian, tahlil, atau acar besar lainnya.

Selain itu jenis karpet juga beragam, ada juga karpet-karpet mewah yang biasa disewakan untuk kebutuhan tertentu. Untuk karpet rumahan biasa, harganya masih terjangkau ya, teman. Sehingga bisnis ini masuk dalam bisnis persewaan modal kecil.

14. Persewaan Tenda / Terop

Kalau ada acara di rumah, yang sampai keluar rumah. Biasanya kita butuh tenda kan teman? Nah, apalagi di musim nikah. Eh, maksudnya bulan-bulan banyak orang nikah. Hehe. Pasti persewaan tenda diserbu. Ini juga termasuk bisnis persewaan modal kecil yang berpeluang besar mendatangkan keuntungan.

15. Persewaan Skuter

Sama halnya dengan persewaan mainan ala playground pasar malam tadi. Banyak kita temukan persewaan skuter atau mobil remote juga kan?

Nah, ini juga sama teman. Masuk dalam bisnis persewaan modal kecil yang peluangnya besar. Harga skuter baru mulai dari 600.000 lalu skuter tinggal ditambah hiasan lampu warna warni agar lebih menarik. Tidak hanya anak-anak yang tertarik untuk bermain skuter, orang dewasa pun biasanya ikut menyewa.

16. Persewaan Alat Mancing

Masih senada dan seirama dengan persewaan alat renang dan selam. Persewaan alat mancing bisa juga menjadi peluang bisnis. Jika rumah kalian dekat dengan sungai, waduk, danau atau wisata kolam pancing, kalian bisa coba bisnis persewaan modal kecil ini.

17. Persewaan Studio Foto

Untuk bisnis persewaan modal kecil yang satu ini. Bisa kalian coba jika ada spot atau ruang kosong di rumah yang bisa dibuat studio foto. Tidak harus besar, yang penting cukup untuk berfoto ria.

Biasanya modal yang dikeluarkan untuk mendekorasi spot tersebut. Mulai dari cat, wallpaper, interior, aksesoris lainnya seperti lampu, sofa, bantal, boneka, dll.

Nah, itulah tujuh belas ide rekomendasi bisnis persewaan modal kecil yang bisa kalian coba, teman. Namun sebelum memutuskan memulai bisnis, simak dulu tipsnya agar bisnis kalian lancar dan sukses.

Tips Memulai Bisnis untuk Pemula

Banyak orang memulai bisnis tanpa mencari tahu dan belajar cara memulainya. Untuk itu, jika kalian ingin memulai salah satu ide bisnis persewaan modal kecil di atas, simak dulu tips-tips berikut:

tips memulai bisnis untuk pemula

1. Sesuaikan dengan passion


Memilih bisnis sesuai passion akan memberi motivasi dan semangat terdendiri dalam menjalankannya. Karena memulai bisnis artinya akan menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan modal agar semuanya berjalan sesuai rencana.

Sehingga jika tidak didasari passion, semua hal yang kita investasikan untuk membangun bisnis tersebut akan terasa berat. Begitupun saat menghadapi masalah dan tantangan. Namun jika didasari passion, kita akan menjalankannya dengan senang dan enjoy.

2. Fokus pada satu peluang bisnis

Seiring perkembangan zaman, jika kita jeli melihat peluang, maka akan menemukan banyak sekali peluang bisnis. Dari yang bermodal kecil hingga bermodal besar. Salah contoh ide bisnis yang menjanjikan adalah bisnis persewaan modal kecil.

Jika kita sibuk melihat begitu banyaknya peluang, alhasil banyak bisnis yang kita ingin coba. Dan hal tersebut malah memecah fokus kita. Memang semua tergantung pada kemampuan setiap orang, namun akan lebih baik jika fokus pada satu peluang saja. Jika kita fokus pada satu peluang, maka seluruh ide dan pikiran untuk mengembangkan bisnis akan lebih terarah.

3. Lakukan Riset Pasar

Cara memulai bisnis untuk pemula yaitu dengan melakukan riset pasar. Melalui riset pasar, kita bisa mempelajari dinamika bisnis yang ada. Dari mulai siapa target pasar, karakteristik calon pelanggan, hingga kompetitor, kita bisa mendapatkan informasi tentang mereka melalui riset pasar yang komprehensif.

Dari riset pasar tersebut, kita juga bisa menemukan celah yang bisa dimanfaatkan. Selain itu juga bisa menemukan keuntungan dan kekurangan dari jenis usaha yang akan kita jalani nantinya. Sehingga dari hasil riset tersebut kita pun dapat mulai meminimalisir kekurangannya dan memaksimalkan kelebihan bisnis.

Riset juga memiliki peran dalam menentukan supplier atau penyedia bahan baku yang berkualitas dan terpercaya untuk bisnis kita nantinya.

4. Membuat Business Plan

Memulai bisnis artinya kita memerlukan perencanaan yang matang. Cara memulai bisnis yang tepat yaitu dengan mempelajari dan membuat business plan. Setiap perencanaan bisnis yang dilakukan bisa dituangkan dalam business plan.

Dalam business plan tersebut, kita bisa memetakan rencana bisnis beberapa tahun ke depan, tujuan yang ingin diraih, berapa anggaran dan modal, meski modal 100 ribu juga harus dicatat, serta berbagai upaya untuk mencapai tujuan tersebut.

5. Membuat Strategi Bisnis

Berpikir kritis, terbuka, dan fokus serta mau mengambil risiko merupakan hal-hal yang diperlukan untuk membangun suatu strategi bisnis yang efektif dan mampu bertahan dari krisis eksternal.

Strategi bisnis juga berperan penting dalam mempertahankan usaha meski kondisi pasar tengah mengalami kesulitan akibat faktor internal maupun eksternal.

Selain itu membuat strategi promosi juga termasuk dalam strategi bisnis. Semakin tepat promosi yang dilakukan, semakin banyak orang yang mengetahui produk bisnis kita.

6. Tingkatkan Kualitas Diri

Cara memulai bisnis agar berkembang dengan baik tidak lepas dari kualitas sumber daya manusia (SDM). Pelaku bisnis dituntut untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas diri. Dalam bisnis, kita akan melakukan penjualan, pemasaran, dan membangun networking yang perlu dikuasai.

Itu sebabnya kita perlu meningkatkan kualitas diri melalui berbagai cara seperti rajin mengikuti workshop, mentoring, online course, atau seminar. Pelajari juga kisah inspiratif dan tips memulai usaha dari pebisnis yang berhasil dan sukses.

7. Lakukan Evaluasi

Evaluasi menjadi cara memulai bisnis yang tak boleh dilewatkan. Melalui evaluasi, setiap kesalahan yang dilakukan mampu diperbaiki. Setiap pengusaha yang baru merintis bisnisnya tidak luput dari kesalahan, tapi evaluasi membantu untuk terus memperbaiki bisnis.

8. Tingkatkan Kualitas Produk dan Layanan

Kualitas produk tidak lepas dari area bisnis yang perlu dievaluasi. Cobalah untuk berinovasi untuk menawarkan yang terbaik pada prospek dan pelanggan. Selain meningkatkan kualitas produk, kita juga perlu meningkatkan mutu layanan pelanggan. Dengan pelayanan terbaik, pelanggan akan selalu mempercayakan pilihan mereka pada bisnis yang kita jalani.

Penutup

Dari peluang bisnis persewaan modal kecil di atas, banyak peluang yang bisa kita coba, khususnya aku sebagai ibu rumah tangga. Jadi, untuk kalian yang bekerja, ide bisnis persewaan modal kecil bisa menjadi sumber penghasilan tambahan. 

Jika kalian tertarik mencoba bisnis persewaan modal kecil, jangan lupa perhatikan tipsnya juga, ya.
Semoga berhasil!

Bisnis Sewa apa saja?

1.     Rental mobil (Rent Car)

2.     Rental motor.

3.     Rental pick up / jasa pindahan.

4.     Rental sepeda gowes.

5.     Rental peralatan extreme sport.

6.     Rental perlengkapan surfing, diving (menyelam)

7.     Rental alat camping, hiking, panjat tebing dan sejenisnya.

8.     Rental paralayang, balon udara, parasut dan alat sky sport lain.

9.     Sewatenda atau terop

10.  Sewa perlengkapan bayi

 

Barang apa saja yang bisa disewa?

1.     Peralatan olahraga. 

2.     Kebaya. 

3.     Peralatan naik gunung. 

4.     Tas branded. 

5.     Sewa gadget. 

6.     Sewa motor saat travelling.

7.     Sewa tenda.

8.     Sewa perlengkapan bayi.

 

Apakah usaha rental PS menjanjikan?

Usaha rental ps saat ini terbilang cukup menjanjikan dilihat dari besarnya animo dan minat masyarakat dengan permainan yang satu ini. Selain banyak penggemarnya, konsol PS atau Playstation saat ini juga terus mengalami pembaruan.

Uang 10 juta buat usaha apa?

1.     Usaha cuci motor. 

2.     Laundry kiloan.

3.     Warkop. 

4.     Jualan bakso. 

5.     Bisnis waralaba alias franchise. 

6.     Catering rumahan. 

7.     Usaha modal 10 juta, Ayam geprek. 

8.     Jualan kue pesanan

9.     Tempat bermain anak.

 

Modal kecil untung besar usaha apa ya?

1.     Usaha Jastip atau Jasa Titip. ... 

2.     Dropshipper. ... 

3.     Bisnis Camilan/Makanan Ringan. ... 

4.     Bisnis Waralaba/Franchise.

5.     Bisnisn taman bermain anak



Related Posts

Post a Comment