Header

Modal 100 Ribu Bisa Usaha Apa? Cek Peluang Untung Besar Disini!

1 comment
Konten [Tampil]
 modal 100 ribu bsa usaha apa
Modal 100 ribu bisa usaha apa
? Salah satu pertanyaan yang sering muncul dikepalaku, ketika berpikir untuk memulai usaha namun modal masih minim.
Apakah memulai usaha atau bisnis harus menyiapkan modal yang besar? Kira-kira modal 100 ribu bisa usaha apa ya?
Begitu lah pertanyaan-pertanyaan yang ada di kepalaku dan selalu ku coba untuk menjawabnya sendiri.

Jika kalian membaca artikelku sebelumnya, bisnis apa yang bagus untuk pemula, di sana aku bercerita keinginanku menjadi ibu rumah tangga yang memiliki bisnis.

Sampai anak pertamaku lahir, gejolak untuk segera resign dari karir yang sudah hampir 9 tahun ku geluti itu semakin kuat. Dan aku pun mulai sering berpikir kira-kira mau memulai usaha apa dengan modal yang minim, yaitu modal 100 ribu bisa usaha apa?

Kemudian aku mulai mencari dan mengumpulkan informasi modal 100 ribu bisa usaha apadari internet. Dan ternyata hasilnya ada beberapa usaha yang sudah pernah dicoba oleh ibu kandungku, sebagai ibu rumah tangga.

Penasaran apa saja? Berikut beberapa referensi yang bisa kalian coba untuk memulai usaha juga, teman!

Modal 100 Ribu Bisa Usaha Apa?

Saat mencari informasi modal 100 ribu bisa usaha apa, aku cukup terkejut dan tersadarkan dengan peluang yang bisa diambil. Karena meski modalnya kecil, tapi bisa meraup keuntungan yang besar, lho!

Yuk, cari tahu modal 100 ribu bisa usaha apa saja ya?
modal 100 ribu buat usaha apa

1. Pulsa

Tidak dipungkiri, bahwa pulsa bisa dibilang masuk menjadi salah satu list kebutuhan primer. Bagaimana tidak? Sekarang kita hidup di zaman yang serba menggunkan internet.

Mulai dari berkomunikasi, hiburan, mencari informasi, bahkan ada sekolah dan kerja online pula kan? Begitpun dengan penggunaan gawai, dewasa ini gawai bukanlah lagi menjadi barang mewah. Semua kalangan bisa memiliki dan menggunakannya.

Nah, untuk bisa menikmati fitur-firutnya, maka gawai harus di isi pulsa. Oleh karena itu, usaha berjualan pulsa akan menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Dengan hanya bermodal gawai dan uang 100 ribu, kita sudah bisa lho isi saldo pulsa jualan kita.

Berawal dari modal 100 ribu ini kamu bisa memutar dan terus mengembangkan modal hingga terkumpul menjadi modal yang besar. Jadi, jawaban pertama untuk pertanyaan modal 100 ribu bisa usaha apa adalah usaha jualan pulsa.

Seperti pengalamanku semasa SMK, Ibuku adalah pelaku usaha jual pulsa ini, teman. Tidak memiki counter, hanya bermodal handphone dan saldo pulsa saja. Banyak tetangga yang membeli pulsa pada Ibu dan aku juga membantu memasarkan kepada teman-teman sekelasku dulu. Mudah kan, teman?

2. Aksesoris wanita

Wanita memang identik dengan hiasan ya, teman. Jawaban kedua untuk pertanyaan modal 100 ribu bisa usaha apaadalah usaha jualan aksesoris wanita.

Dengan modal 100 ribu kamu bisa membeli aksesoris wanita mulai dari hiasan rambut, perhiasan, aksesoris pakaian, atau aksesoris tas, dll. Dan dijual lagi untuk memperoleh keuntungan.

Selain pulsa, Ibuku juga pernah berjualan aksesoris wanita, teman. Seperti bros dan perhiasan batu Kalimantan.

Oya, berbicara perhiasan nih, yang sedang booming sekarang adalah perhiasan xuping. Xuping merupakan nama perhiasan yang berasal dari Tiongkok dengan bahan dasar berupa tembaga.

Perhiasan xuping tidak lepas dari rhodium sebagai sentuhan akhir supaya perhiasan semakin berkilau mirip seperti emas. Xuping biasanya digunakan oleh mereka yang alergi pada perhiasan berbahan imitasi.

Harga kisaran untuk gelang xuping mulai dari belasan ribu hingga puluhan ribu. Lumayan kan, teman? Dengan modal 100 ribu kita sudah bisa mendapatkan beberapa gelang xuping yang bisa kita jual.

3. Membuat kerajinan

Suka dengan dunia crafting? Kamu bisa memanfatkan uang 100 ribu menjadi modal usaha di bidang ini. Usaha kerajinan tangan bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Sebab, karya seni dan keunikannya menjadi daya tarik yang dicari banyak orang.

Semakin kreatif dan unik hasil karya dihasilkan, semakin besar pula peluang kerajinan tersebut laku di pasaran. Selain itu, usaha ini juga memiliki pasar yang besar dan luas serta tidak mengenal adanya trend sehingga dalam waktu apapun, tetap memiliki pembelinya tersendiri.

Banyak sekali jenis kerajinan tangan yang menarik dan berpeluang besar di dunia bisnis, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kerajinan lilin

Lilin hias kini banyak digunakan tidak hanya sebagai penerangan saja, namun juga diinovasikan sebagai aromaterapi. Tidak sedikit pula masyarakat memilih lilin sebagai souvenir acara.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat lilin adalah lilin bubuk, sumbu, wadah atau cetakan dan crayon warna dan jangan lupa pengaduknya. Dengan modal 100 ribu, kamu sudah bisa mulai menjalankan usaha kerajinan lilin ini,

2. Kerajinan kertas

Jenis usaha kerajinan tangan lainnya merupakan seni yang tercipta dari bahan kertas. Daripada kertas banyak bertumpuk dan akhirnya menjadi sampah, lebih baik dimanfaatkan agar bisa menjadi sesuatu yang menghasilkan.

Dengan sentuhan kreatifitas, kertas bekas ini bisa kita jadikan hiasan unik, lucu dan menarik, seperti vas bunga, tas belanja, tempat buah dan berbagai hasil lainnya. Tentu modal 100 ribu bisa untuk memulai bisnis ini.

3. Kerajinan kain

Jika kamu memiliki banyak kain bekas dan sisa kain, kamu bisa memanfaatkannya menjadi sesuatu yang menjual. Baik itu kain perca, kain flanel, dan lain sebagainya.

Kebanyakan kain-kain tersebut dijadikan boneka, dompet, tas atau hiasan lain yang menarik. Sehingga untuk memanfaatkan modl 100 ribu, kamu bisa memilih usaha ini, teman.

4. Botol dan kaleng bekas

Limbah bekas makanan serta minuman ini bisa dimanfaatkan menjadi sebuah karya yang bernilai. Banyak usaha kerajinan tangan yang dibuat dari bahan kaleng maupun botol bekas, seperti vas bunga, tempat alat tulis maupun miniatur-miniatur.

Jika di sekitar kalian terdapat banyak bahan botol dan kaleng bekas, maka dengan modal 100 ribu kalian bisa memulai bisnis kerajinan botol dan kaleng bekas ini, teman.

5. Menyulam

Jika kalian menyukai dunia sulaman tangan, kalian bisa memanfaatkannya menjadi peluang usaha, lho!
Kerajinan sulaman tangan adalah kerajinan yang dilakukan dengan menggunakan benang dan jarum jahit yang dikerjakan secara manual,yaitu dengan menggunakan tangan penyulam itu sendiri tanpa bantuan mesin.

Maka dengan modal 100 ribu, kalian bisa gunakan untuk membeli perlengkapan menyulam yang mana bisa digunakan untuk seterusnya. Mungkin yang perlu dibeli ulang hanya benangnya saja, teman.

4. Menjual kue atau jajanan pasar

Jika kalian suka membuat kue, modal 100 ribu bisa kalian manfaatkan untuk memulai usaha di bidang ini.

Jajanan pasar lebih identik dengan makanan tradisional, yang sudah ada sejak lama, dengan resep yang telah digunakan turun-temurun sejak generasi terdahulu. Jajanan pasar sampai saat ini masih banyak diminati masyarakat.

Kalian bisa memanfaatkan modal 100 ribu untuk membuat beberapa jajanan pasar. Dan untuk pemasarannya, bisa dengan mentipkan jualan kalian ke warung-warung terdekat. Cara ini sangat efisien ya, teman. Atau kalian juga bisa menggunakan system open preorder, sehingga bisa memastikan akan memproduksi berapa banyaknya.

5. Makanan dan minuman kekinian

Menurutku, usaha menjual makanan dan minuman kekinian adalah jawaban kedua paling cepat balik modal untuk pertanyaan modal 100 ribu bisa usaha apa selain pulsa.

Karena mayoritas masyarakat kita sangat konsumtif. Apalagi jika ada makanan atau minuman yang sedang viral, biasanya penasaran pengen nyobain juga. Iya ga, teman? Hehe.

Hal tersebut membuat usaha makanan dan minuman kekinian memiliki target pasar yang cukup luas, di antaranya adalah kaum millennials dan Gen Z.

Untuk modal 100 ribu, target yang bisa dibidik adalah pelajar, yaitu anak SD dan SMP. Atau juga para wisatawan pasar malam. Hehe.

Untuk menjual makanan dan minuman kekinian tanpa memerlukan mesin atau tools lainnya, modal 100 ribu sudah bisa memproduksi cukuo banyak makanan dan minuman kekinian. Tergantung pada apa yang kalian jual.

Nah, itu lah lima jawaban dari pertanyaan modal 100 ribu bisa usaha apa yang bisa kalian coba. Khususnya untuk ibu rumah tangga sepertiku yang ingin memiliki bisnis kecil-kecilan sepertiku ya, teman.

Mulai tertarik memulai usaha yang mana, teman?
Sebelum lanjut, yuk simak tips memulai bisnis untuk ibu rumah tangga berikut!

5 Tips Memulai Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

Sudah terjawab pertanyaan modal 100 ribu bisa usaha apa saja, sekarang simak tips memulai bisnisnya ya, teman!
tips memulai bisnis untuk ibu rumah tangga

1. Pilih bisnis yang disukai atau dipahami

Hal ini sangat penting demi melancarkan bisnis untuk ibu rumah tangga. Pilih usaha yang kita kuasai dengan baik. Minimal ada sedikit skill dan pengetahuan tentang bidang tersebut.

Jika kita memulai bisnis tanpa menguasai produk, maka resiko gagal dalam proses pengembangan akan sangat besar terjadi. Oleh sebab itu, pilihlah bidang yang disukai dan dikuasai agar bisa berjalan dengan lancer, semangat dan tentunya enjoy dalam menjalaninya.

2. Tentukan target bisnis

Target bisnis merupakan salah satu hal yang dapat membantu menentukan titik keseimbangan usaha. Dengan mengetahui siapa target bisnis, maka akan memudahkan kita untuk mengembangkan usaha.

Dari target bisnis ini kita bisa mengatur kebutuhan produksi, harga produk dan stategi pemasaran yang dipilih. Sehingga target penjualan lebih mudah dicapai.

3. Jangan campur bisnis dan urusan pribadi

Nah, ini nih yang sering terjadi. Perputaran uang bisnis juga dipakai untuk kebutuh pribadi. Sehingga modal usaha semakin emnipis dan akhirnya minus.

Hal ini lah yang bisa membuat bisnis hancur. Maka bersikap lah secara profesional dalam menjalankan bisnis. Jangan melibatkan urusan pribadi dengan bisnis. KIta harus mampu untuk menentukan pencapaian dan paham batasan dalam bisnis. Selain itu kita juga harus dapat mengatur waktu, pikiran, dan tenaga antara bisnis dengan urusan pribadi atau rumah tangga.

4. Jalin kerja sama dengan keluarga

Sebagai ibu rumah tangga, kita tidak bisa memulai bisnis sendirian. Tentunya kita membutuhkan bantuan orang terdekat seperti keluarga, baik suam, adik-kakak, orang tua bahkan anak.

Keluarga adalah support system terbaik. Maka jalinlah kerja sama yanga baik dengan keluarga. Karena selain menjadi penyemangat, mereka juga bisa membantu dalam hal pemasaran usaha kita.

5. Menambah Jaringan dan relasi

Hal yang bisa membuat usaha kita dikenal masyarakat luas, selain dengan startegi pemasaran dan promosi, tentunya peran pertemanan juga memiliki porsi besar.

Cara untuk meluaskan jangkauan dengan menambah jaringan pertemanan dan relasi yang lebih baik dengan pebisnis lainnya untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda. Jaringan ini akan membantu Anda untuk bisa mengatasi kendala dan persoalan yang menghambat pekerjaan Anda.

Penutup

Terjawab sudah modal 100 ribu bisa usaha apa saja dan juga tips memulai bisnis untuk ibu rumah tangga. Ternyata dengan modal usaha minim pun banyak sekali peluang yang bis akita ambil ya, teman.

Semoga rekomendasi-rekomendasi usaha dengan modal 100 ribu ini bisa membantu kalian yang ingin memulai usaha. Kuncinya tetap semangat, sabar dan terus berproses untuk menuju titik yang lebih tinggi.
Semangat!


Usaha apa yg bisa bikin sukses?

1.   Berjualan Pulsa 

2.   Berjualan Camilan/Makanan

3.   Membuka Jasa Laundry Kiloan

4.   Membuka Jasa Penjahit Pakaian

5.   Membuka Jasa Tempat Cuci Motor

 

Usaha apa yg modal kecil?

1.   Membuka jasa public speaking online

2.   Bisnis laundry

3.   Bisnis thrift shop

4.   Membuka jasa les privat

5.   Menjual makanan ringan

6.   Menjual frozen food

7.   Menjadi event organizer webinar

8.   Menjadi admin media sosial

 

Jualan apa yang modal kecil untung besar?

1.   Laundry kiloan.

2.   Bisnis ternak kelinci. 

3.   Bisnis dropshipper.

4.   Les privat. 

5.   Jasa fotografi.

6.   Desain grafis dan video editing.

7.   Kerajinan tangan

 

Usaha apa yang dibutuhkan orang setiap hari?

1.     Sembako.

2.     Warung Nasi.

3.     Menu Sarapan.

4.     Jualan Pulsa/Paket Data.

5.     Pom Bensin.

6.     Jasa Ekspedisi.

7.     Jualan Bakso.

8.     Laundry Kiloan.

 

Usaha apa yang cocok untuk pemula di kampung?

1.   Bisnis Pulsa / Agen Pembayaran Online

2.   Usaha Air Minum. 

3.   Jasa Pangkas Rambut. 

4.   Jualan Makanan Tradisional. 

5.   Pertanian Hidroponik. .

6.   Ternak Ayam Kampung.

7.   Sewa Alat Pertanian. 

8.   Bibit Tanaman.

Related Posts

1 comment

Post a Comment