Iklan

Header

Syarat Blog Bisa Menghasilkan Uang Ratusan Dollar

Post a Comment
Konten [Tampil]
Syarat blog bisa menghasilkan uang
Sebagai blogger, baik pemula atau yang sudah lama menggeluti bidang ini pasti ingin juga menghasilkan rupiah dari tulisannya. Nah, tentu ada syarat blog bisa menghasilkan uang, teman. Semua tentu ada prosesnya, tidak ujuk-ujuk blog bisa menghasilkan.

Mungkin aku bisa dibilang masih pemula dalam dunia blog, karena umur blog juga masih di bawah 2 tahun. Masih banyak belajar untuk mengoptimalkan blog. Jadi, sharing kali ini intinya hanya berbagi sedikit pengalaman dan ilmu yang aku tahu. Bukan maksud menggurui ya, teman. Hehe

Sampai detik ini pun, aku masih berusaha untuk memenuhi syarat blog bisa menghasilkan uang. Entah itu dari AdSense atau pun kerjasama. Aku terus berusaha agar blog ku berkualitas sampai bisa memenuhi syarat blog bisa menghasilkan uang.

Mengapa blog berkualitas ini penting dalam mendapatkan uang dari blog? Karena dengan membangun blog berkualitas kita bisa menghasilkan uang dari blog untuk jangka waktu yang lama. Kita juga bisa mendapatkan penghasilan bulanan dari blog.

Jadi untuk memenuhi syarat blog bisa menghasilkan uang, yang perlu ditekankan terlebih dahulu adalah kualitas blog. Kita tidak akan bisa menghasilkan uang dari blog yang kualitasnya rendah.

Syarat Blog Bisa Menghasilkan Uang

Berikut adalah cara membangun blog berkualitas agar bisa memenuhi syarat blog bisa menghasilkan uang:

1. Konten yang berkualitas

Di dunia bloging ada istilah “konten is king“. Atau biasa di artikan bahwa konten adalah raja. Karena sebagus apapun blog kita, jika artikel yang ditulis tidak mampu menempati posisi terbaik (page one) dalam mesin pencari, maka itu akan sia-sia. Artinya artikel kita tidak banyak peminat sehingga tidak bisa bertengger di halaman utama mesin pencari. 

Lalu, seperti apakah kriteria konten artikel yang berkualitas ? Artikel berkualitas adalah artikel yang berisikan informasi, mudah di baca dan dimengerti serta mampu menjawab apa yang di cari oleh pembaca. Selain itu, artikel tersebut juga ditulis dengan kaidah SEO yang baik agar mendapatkan rank dari mesin pencari.

Meskipun, setiap orang memiliki pendapat masing-masing tentang artikel berkualitas, yang pasti jika blog kita ingin menghasilkan uang maka setidaknya harus mempunyai artikel yang mampu menarik dan mendatangkan banyak pengunjung.

2. Pengunjung blog

Selanjutnya, syarat blog bisa menghasilkan uang yang kedua adalah harus mempunyai banyak pengunjung (visitors) blog. Inilah fakta yang harus blogger ketahui.

Jika tujuan membuat blog untuk mendapatkan penghasilan dari google AdSense maka setidaknya blog harus mempunyai visitors minimal 1000 perhari. Dengan jumlah CPC di atas 2000 Rupiah per klik.

Jika beruntung, maka dengan traffic tersebut blog kita sudah bisa gajian tiap bulan dari AdSense. Karena semakin banyak traffic semakin bagus untuk memonetise blog.

Tetapi meskipun jumlah visitor blog 5000 perhari, jika CTR blog sangat rendah, maka belum tentu juga bisa gajian tiap bulan dari google AdSense.

Jadi, intinya untuk mendapat banyak pengunjung agar traffic blog kita tinggi, artikel kita harus yang "berbobot", yaitu yang banyak dicari atau dibutuhkan pembaca.

3. Kualitas blog

Syarat blog bisa menghasilkan uang berikutnya yaitu kualitas blog. Secara umum ada 3 yang menjadi patokannya. Berikut penjelasan singkatnya:

Domain authority (DA) dan Page authority (PA)

Domain authority (DA) merupakan skor peringkat mesin pencari dari Moz untuk mengukur peringkat situs web di SERPs. Sedangkan Page authority (PA) untuk mengetahui seberapa baik peringkat halaman blog Anda di SERP. .

DA dan PA ini harus menjadi perhatian utama para blogger, apabila ingin berpenghasilan dari blog melalui kerjasama. Seperti content placement, Guest Post, review produk dan lain-lain.

Apabila blog mempunyai DA dan PA tinggi di atas 20, biasanya bisa mendapatkan banyak tawaran kerjasama seperti yang telah disebutkan di atas.

Domain Rating (DR)

Domain Rating merupakan metrik dari Ahrefs yang menunjukan kekuatan situs web seperti profil backlink maupun kualitasnya. Intinya hampir mirip seperti DA. Karena fungsinya untuk mengukur sebuah peringkat atau kekuatan sebuah domain.

Biasanya, domain rating di gunakan sebagai syarat untuk mengikuti lomba blog tertentu. Kadang kala, situs web atau blog yang mempunyai DR tinggi juga sering diburu oleh orang-orang yang memang membutuhkannya untuk berbagai keperluan kerjasama.

Cara Mendapatkan Penghasilan Dollar dari Blog

Selain memperhatikan syarat blog bisa menghasilkan uang di atas, cara mendapatkan uangnya beragam, lho. Bisa dari AdSense dan kerjasama.

Bagaimana caranya agar bisa mendapatkan kerjasama? Aku kasih tahu salah satu caranya, teman. Nama platformnya Intellifluence.
Platform ini menjadi incaran blogger untuk mendapatkan penghasilan dollar pertamanya. Yuk, kenalan dulu!

Intellifluence itu apa sih?


Intellifluence
Intellifluence memang cukup baru di dunia blogger, tepatnya viral sekitar tahun lalu. Masih banyak juga blogger yang belum tahu, lho.

Intellifluence sendiri adalah sebuah marketplace yang berisi influencer dan banyak Brand dunia yang bekerjasama untuk review atau campaign tertentu.

Platform ini gratis, selain blog juga tersedia kerjasama di media sosial lainnya. Penggunaannya juga mudah. Kita tinggal mengisi data kemudian menyesuaikan niche blog atau ketertarikan kita pada kategori yang tersedia.

Harga yang dibandrol tiap campaign berbeda, tergantung brand atau perusahaan. Tapi menurutku cukup besar jika di rupiahkan. Harga yang pernah ku lihat di beberapa campaign dibandrol antara $50-$250 untuk satu artikel.

Tergiur kan, teman?? Hehe.
Tapi meski begitu, Intellifluence juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu kalian tahu. Berikut penjelasannya.

Kelebihan dan kekurangan Intellifluence

Jika ada kelebihan pasti juga ada kekurangan, begitupun Intellifluence. Meski menawarkan harga yang tinggi di tiap campaign-nya, platform ini juga memiliki kekurangan.


Kelebihan Intellifluence

1. Bayaran Tinggi

Kelebihan dari Intellifluence yang pertama adalah bayaran yang besar (menurut pasaran campaign di Indonesia) serta pengerjaan job yang mudah.

Untuk nilai campaign yang diberikan oleh Intellifluence ini tergolong besar, seperti yang sudah ku jelaskan sebelumnya, harganya berkisar antara $50-$250, mungkin bisa lebih tergantung campaign nya.

2. Tidak Harus Bahasa Inggris

Meski platform ini berasal dari America, kelebihan yang kedua adalah job di sini tidak harus menggunakan bahasa Inggris.

Seperti job pertamaku di platform ini, brand membebaskan penggunaan bahasa sesuai dengan asal kita atau bahasa yang kita minati. Pokonya sesuai dengan blog kita lah. Bahkan boleh-boleh saja menggunakan bahasa daerah seperti Sunda ataupun Jawa.

3. Briefing Task yang Simpel

Menurutku Briefing task dari Intellifluence mudah dipahami, meski menggunakan bahasa Inggris, ya. Selain itu kita juga bisa tanya jawab atau berdiskusi dengan Brand terkait tugas.


Kekurangan Intellifluence

1. Job Untuk Blogger Indonesia Masih Minim

Sayangnya, sampai saat ini ketersediaan job yang bisa di akses untuk wilayah Indonesia sangat kecil sekali. Hampir jarang malah. Meski sudah mencoba dengan mengutak-atik minat di kategori yang disediakan, tetap saja tawaran yang tersedia tidak untuk wilayah Indonesia.

2. Pembayaran menggunakan Paypal

Sebagai informasi, akun Paypal berfungsi untuk transaksi pembayaran global. Menerima dan berkirim pembayaran dari seluruh dunia. Cara pembuatannya pun cukup mudah, hanya dengan menggunakan email saja dan bisa dihubungkan dengan akun bank di dalam negeri.

Hanya karena minimnya informasi tentang penggunaan Paypal ini, aku memiliki kendala, teman. Saat membuat akun Paypal, aku tidak tahu jika data diri harus sesuai dengan KTP. Sehingga aku hanya mengisi data nama sesuai nama panggung. Bukan nama lengkapku.

Alhasil, aku tidak bisa menarik uang dari PayPal ini, teman. Tapi tenang, kita bisa minta tolong teman yang juga menggunakan Paypal dengan cara mentransfer uang ke sesama akun Paypal. Jadi ngerepotin deh. Hehe

Jadi jika kalian baru dengan Intellifluence dan Paypal, sebaiknya perhatikan hal ini, ya.

3. Lamanya Masa Tunggu Pencairan

Masa tunggu pencairan untuk pembayaran dari Intellifluence ini cukup lama jika dibandingkan dengan campaign di Indonesia yang tidak menunggu waktu yang lama. Kebanyakan setelah job selesai dikerjakan, dana fee langsung cair. 

Jika Intellifluence ini kita harus menunggu pencarian dana sekitar 15-30 hari, setelah itu barulah masuk ke rekening Paypal.


Step Pembayaran Intellifluence

Step Pembayaran Intellifluence ada 3, Kamu bisa melihat di menu report pada dashboard Intellifluence.

1. UPCOMING

Upcoming artinya ketika kita selesai mengerjakan pitch (job) yang diberikan. Ketika job sudah dilaporkan dan ditandai sebagai "Completed" job oleh Brand. Seketika itu juga dana akan masuk ke menu upcoming.

2. ELIGIBLE

Eligible artinya ketika sudah 15-30 hari di upcoming, maka pembayaran akan berpindah ke menu Eligible ini. Eligible ini artinya dana yang bisa ditarik untuk di cairkan ke rekening Paypal

3. PROCESSED

Processed artinya saldo atau penghasilan yang akan kita transfer ke rekening Paypal. Jumlahnya yang bisa dicairkan minimal 25 USD atau lebih.

Cara Daftar Intellifluence

Cara daftar Intellifluence sangat mudah, teman. Sila ikuti cara daftarnya berikut:

1. Klik Intellifluence

2. Isi beberapa data yang diperlukan seperti nama lengkap, email, dan password.

3. Kemudian lanjut mengisi biodata yang diperlukan seperti memasukkan foto profil dan ketertarikan (interesting). Bisa sampai 10 peminatan.

4. Isi public biodata. Disini Kamu bisa menceritakan tentang siapa diri kamu, kegiatan, hobi, alasan menulis dan apa aktivitas sehari-hari. Panjang tulisan minimal 500 karakter. Semakin detail semakin baik, untuk memudahkan pihak Brand mempercayai kredibilitas Influencer.

6. Melengkapi foto profil, disini kamu bisa menampilkan hingga 5 foto. Semakin banyak yang ditampilkan, semakin baik penilaian brand terhadap kamu.

7. Kembali melengkapi biodata, disini data yang diisi lebih detail tentang alamat rumah, kecamatan, kota, propinsi, hingga kode post dan no telepon aktif.

8. Berisi data kompensasi yang ingin kita dapatkan dari campaign yang diikuti. Apakah berupa produk saja atau pembayaran saja. Atau bahkan keduanya. Silakan masukkan nominal yang sesuai dengan rate kalian.

9. Berisi data pendidikan dan penghasilan bulanan. Isi saja sesuai dengan data perkiraan atau mau tulis yang sebenarnya juga tidak masalah, toh ini tidak akan dipublish (data penghasilan).

10. Lanjut dengan mengisi data, suku, status pekerjaan, tanggal lahir hingga bahasa yang digunakan saya memilih bahasa English (fluent).

Taraaa Selesai!
Kalian sudah bisa mulai mengajukan penawaran dengan menekan tombol apply.
Semoga beruntung dan banyak mendapatkan job dari sini ya, teman.

Penutup

Bagi seorang blogger pemula untuk mendapatkan penghasilan dari blog bukanlah perkara yang mudah. Syarat blog bisa menghasilkan uang tentunya membutuhkan waktu, biaya, kerja keras, kerja cerdas dan konsisten.

Selagi berusaha memenuhi syarat blog bisa menghasilkan uang, tidak ada salahnya mencoba peruntungan di platform Intellifluence. Siapa tahu rejeki kalian ada di sana dan bisa menghasilkan ratusan dollar pertama kalian dari blog.

Segera join, kalian bisa pakai kode refferal ku di sini. Selamat mencoba!














Sumber referensi:
https://www.google.com/amp/s/vestoli.com/syarat-blog-bisa-menghasilkan-uang/
https://ideaplush.blogspot.com/2020/10/syarat-blog-bisa-menghasilkan-uang.html
https://www.google.com/amp/s/www.niagahoster.co.id/blog/cara-mendapatkan-uang-dari-blog/
https://www.momqueenmq.com/2021/10/viral-blogger-raih-ratusan-dolar-dari-intellinfluence.html#Lebih_Dekat_Intellifluence

Related Posts

Post a Comment