Header

5 Tips Berkendara Jarak Jauh dengan Motor Matic

10 comments
Konten [Tampil]

Tips Berkendara jarak jauh dengan motor matic
Libur telah tiba, hore hore hore! Siapa nih yang bacanya sambil nyanyi? Cung! Haha. Ada yang berencana liburan jarak jauh menggunakan motor ga? Nih, aku bagi tips berkendara jarak jauh dengan motor matic.

Sebelumnya aku mau sedikit cerita ya! Liburan kali ini aku pengen banget ke Bromo, karena selama aku hidup di tanah Jawa ini, belum pernah sekalipun menginjakkan kaki di kawasan gunung Bromo.

Alhamdulillah meski direncanakan secara mendadak, tiba-tiba suami setuju aja gitu kita gas Bromo H-2 keberangkatan. Setelah diskusi mempertimbangkan segala hal dan untuk menambah pengalaman lain, kami memutuskan pergi ke Bromo menggunakan motor saja.

Motor yang kami gunakan adalah motor matic ber-cc 150 yang bodinya cukup besar dibanding matic lain. Menurut ku cukup nyaman untuk berboncengan plus bawa anak usia 5 tahun. Kami berangkat dari rumah, kec. Wringinanom, Gresik, melalui jalur Probolinggo.

Sebelum berangkat, pastinya suamiku melakukan banyak persiapan pada motor kami. Secara gitu ya, kita mau pergi jarak jauh dengan membawa 3 nyawa. Nah, mungkin persiapan dan tips berkendara jarak jauh dengan motor matic ini bisa bermanfaat buat kalian yang juga akan liburan menggunakan motor bersama keluarga.

Apa saja persiapan dan tips berkendara jarak jauh dengan motor matic? Yuk, simak penjelasannya!

Tips Berkendara Jarak Jauh dengan Motor Matic

Selain mempersiapkan fisik yang fit dan uang saku, mempersiapkan motor yang akan kita kendarai juga sangat penting. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan demi keselamatan bersama. Jadi, ini dia tips berkendara jarak jauh dengan motor matic yang perlu disiapkan:

1. Cek kesiapan motor

Cek Kondisi Ban Motor

Ban motor menjadi komponen vital yang perlu pemeriksaan secara menyeluruh demi menjaga keamanan dan kenyamanan saat perjalanan jauh.

Apalagi medan yang dilalui tidak memiliki tekstur yang mulus. Seperti kondisi medan di Lautan pasir Bromo, kondisi ban yang sudah hampir mulus sangat tidak disarankan. Lebih baik ganti ban motor kamu dengan ban baru yang masih berulir.

Selain itu, cek juga kondisi ban apakah tekanan udara sudah pas, apakah ban mulus tidak ada benjolan, apakah ban tidak ada retakan, dan lainnya. Jika kalian merasa kurang yakin dengan pengecekan mandiri, kamu bisa bawa motor matic untuk pengecekan dan servis ke Planet Ban.

Cek Kondisi Rem

Selain ban, rem juga menjadi komponen penting dalam menjaga keamanan dalam perjalanan. Karena rem merupakan satu-satunya komponen di sepeda motor matic yang mampu menurunkan kecepatan kendaraan sampai ke titik nol (0) atau motor berhenti. Oleh sebab itu, kondisinya harus tetap terjaga agar berfungsi secara optimal.

Cek Kondisi Oli Mesin

Oli memiliki peran penting pada motor karena berfungsi sebagai pelumas yang membuat kinerja mesin berjalan maksimal.

Jika mesin motor kehabisan oli, maka akan mudah rusak dan tidak bisa bekerja secara maksimal. Lebih amannya, ganti oli sebelum bepergian jarak jauh.

Perhatikan juga kandungan yang terdapat dalam oli. Seperti kandungan ester. Ester pada oli merupakan kandungan yang mampu menjaga tingkat kepanasan mesin motor dengan baik. Kandungan ester pada oli mesin dapat menjaga suhu mesin tetap stabil. Oli dengan kandungan ester sangat cocok digunakan untuk perjalanan jauh.

Mahal ga ya? Nah, kalau kamu ingin mendapatkan oli dengan kandungan ester dan harganya terjangkau, kamu bisa menggunakan Oli eksklusif dari Planet Ban, yaitu oli X-Ten.

Oli X-Ten memiliki kandungan ester yang dapat menjaga kondisi mesin motor secara stabil meski dalam torsi tinggi dan bisa digunakan hingga perjalanan 5000 kilometer.

Periksa Aki Motor

Aki motor berfungsi sebagai penyedia energi listrik dan penyimpan energi listrik, dan juga menstabilkan tegangan yang dihasilkan oleh motor.

Pastikan aki tidak dalam kondisi bocor, karat, dan rusak. Jika kamu menggunakan aki basah, cek kondisi air aki sebelum melakukan perjalanan.

Cek Sistem Pendingin

Sistem pendingin memiliki peranan penting dalam menjaga suhu ideal mesin motor. Jika radiator bermasalah, maka motor bisa berpotensi mengalami overheat.

Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, pastikan Anda telah memeriksa kondisi air pendingin (coolant) dalam indikator yang cukup. Serta mampu menjaga temperatur mesin tetap optimal.

Periksa Busi

Busi motor menjadi bagian fundamental yang mempengaruhi jalan tidaknya motor. Jika busi motor matic kamu terlihat kotor, maka perlu membersihkannya. Namun jika busi sudah terlihat haus, kamu perlu mengganti busi dengan yang baru.

Cek CVT

CVT merupakan sistem penggerak yang berfungsi melakukan transfer tenaga pada sepeda motor ke roda. Jika kondisi penggerak pada CVT tidak berfungsi dengan sempurna akan menghambat kinerja tenaga yang dihasilkan oleh mesin.

Jika kamu ingin melakukan pemeriksaan dan penggantian komponen spare part sepeda motor, kamu bisa datang ke Toko Planet Ban. Planet Ban tidak hanya menyediakan ban motor, tetapi juga spare part berkualitas lainnya. Seperti aki, busi, kampas rem, cairan pendingin, hingga layanan Servis Rasa Mesin Baru yang mampu meningkatkan kinerja sepeda motor layaknya sepeda motor baru.

Pengecekan dan pemeriksaan kondisi sepeda motor, bisa dilakukan dengan berkonsultasi bersama mekanik Planet Ban. Konsultasi kondisi sepeda motor di Planet Ban gratis, lho! Jadi sebelum bepergian jarak jauh, segera kunjungi Planet Ban terdekat.

Nah, kalau kamu merasa perlu konsultasi terlebih dahulu tapi males keluar rumah, kamu bisa melakukan konsultasi online secara gratis melalui Whatsapp Customer Service Planet Ban dengan menghubungi Tim Konsultasi Online Planet Ban dengan cara klik banner di bawah ini.

2. Kenakan Perlengkapan Keselamatan

Tips berkendara jarak jauh dengan motor matic selanjutnya yaitu kenakan perlengkapan keselamatan. Tips ini sebenarnya belaku untuk berkendara jarak jauh atau pun jarak pendek dan menggunakan motor matic maupun manual.

Perlengkapan keamanan yang harus digunakan yaitu helm, masker, jaket, sarung tangan, sepatu, pakaian yang nyaman dan tertutup.

3. Jaga Jarak dengan Pengendara Lain

Dalam berkendara kita harus memperhatikan jarak dengan pengendara lain. Dengan menjaga jarak, risiko kecelakaan bisa diminimalisasi. Hindari saling menyalip, cobalah untuk tetap tenang dan mengalah dalam kondisi jalan apapun demi keselamatan.

4. Istirahat

tips berkendara jarak jauh dengan motor matic lainnya yaitu istirahat. Meskipun motor matic lebih simpel penggunaannya dibanding motor manual, kamu tetap butuh istirahat jika dirasa sudah lelah. Terlebih jika membawa anak dalam perjalanan.

Selain untuk memulihkan tubuh, istirahat juga memberikan kesempatan motor matic kamu beristirahat. Kata lainnya, mendingan mesin dan rem agar rem kamu tidak blong karena terlalu panas di perjalanan yang medannya tanjakan-turunan tajam.

Seperti pengalaman kami kemarin, rem sempat mengalami blong karena terlalu panas setelah melewati lautan pasir dilanjut dengan jalanan turunan yang panjang dan tajam. Alhamdulillah suami masih bisa mengantisipasi secepatnya. Kami langsung berhenti di pinggiran jalan untuk istirahat dan mendingan mesin juga rem.

5. Tidak Menunda Kebutuhan

Kebutuhan yang aku maksud di sini adalah minum, makan dan shalat. Karena biasanya jika sedang melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan motor, kita fokus pada perjalanan. Sehingga biasanya tidak minum jika tidak merasa sangat haus. Padahal tubuh butuh air untuk hidrasi. Jadi jangan lupa minum ya, teman. 

Begitu juga dengan makan. Meski sudah masuk jam makan, alasan yang biasa dipakai adalah "sekalian di sana". Jadi telat makan deh, padahal belum tentu di sana ada penjualan makanan. Taunya malah masuk area hutan. Hihi. Jangan menunda makan ya, teman! 

Bagi umat muslim, jika sudah masuk waktu shalat, segeralah mencari mushola atau masjid terdekat. Kerjakan kewajiban kita terlebih dahulu. Selain itu, momen ini bisa digunakan untuk istirahat dan mendingan mesin juga rem motor. 

Nah, itulah beberapa tips berkendara jarak jauh dengan motor matic yang bisa kalian terapkan untuk perjalanan liburan akhir tahun. Jangan lupa jaga kesehatan dan keselamatan ya, teman.

Semoga bermanfaat!


Sendy Yunika
Stay at Home Mom - Blogger - Writer

Related Posts

10 comments

  1. Bener banget nih, kita suka lupa minum saat perjalanan jauh.. mikirnya biar cepat sampai tujuan. Padahal minum itu penting bagi tubuh agar tdk dehidrasi y.

    ReplyDelete
  2. Performa motor matic memang perlu lebih diperhatikan apalagi untuk agenda gahar yang melibatkan tanjakan ekstrim dan medan terjal. Namun tips-tips di atas perlu dilakukan untuk semua jenis sepeda motor.

    Saya sampai saat ini selalu pakai sepeda motor dengan gigi karena lebih fleksibel di segala situasi.

    ReplyDelete
  3. Bener banget Mbak. Setiap perjalanan, apalagi jarak jauh, perlu persiapan yang matang. Tujuannya adalah demi keselamatan dan kenyamanan. Jadi bukan hanya fisik pejalannya yang harus prima tapi juga kondisi kendaraan yang akan digunakan.

    BTW, Bromo rame banget pas liburan ini ya. Saya lihat beritanya di media masa dan media sosial. Padat dengan wisatawan. Apalagi kabarnya Bromo semakin cantik sekarang.

    ReplyDelete
  4. Wah aku banget nih hihihii
    Suka sekali bepergian naik motor. Memang saat bepergian jauh harus cek terlebih dahulu kondisi motor. Tak hanya mengisi BBM saja tapi juga, oli motor, rem dll, supaya nyaman dan aman berkendara.

    ReplyDelete
  5. Sangat berkenan dengan kalimat tunaikan kewajiban terlebih dahulu. Sebagai muslim, memang solat lima waktu adalah yang utama. Namun masih banyak yg mengabaikan itu. Semoga kita dijauhkan dari hal itu ya...

    ReplyDelete
  6. Memang harus dipersiapkan dan cek motor dalam keadaan prima atau gak sebelum berlibur

    ReplyDelete
  7. Planet Ban langganan anakku nih
    Seperti kemarin, baru datang dari luar kota langsung ke garasi deh dia
    dan bawa sepeda motor ke Planet Ban
    Karena dia tahu, mamahnya parah banget soal service sepeda motor :D

    ReplyDelete
  8. Beberapa tahun lalu aku masih suka ikut motoran ke tempat2 jauh (luar kota) rasanya kangen sama hal2 tersebut. Nah poin-poin yg disampaikan udh tepat, selain kondisi fisiki kesehatan yg baik, kendaraan yg digunakan (motor) pun harus dlm kondisi prima

    ReplyDelete
  9. betul banget mba, sebelum berkendara jauh, motor perlu di cek dulu kesehatannya. Terutama ban, aki, sama cvt yang butuh treat khusus. Jangan lupa untuk jaga kesehatan dan istirahat saat dalam perjalanan.

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah sih melakukan perjalanan jauh pakai motor. Paling ke kota deket-deket aja, engga sampai 30 km. Bener banget. Perlu persiapan fisik dan bekel juga, selain cek sepeda motornya sebelum berangkat.

    ReplyDelete

Post a Comment