Iklan

Header

Resolusi Tahun Baru Adalah..

Post a Comment
Konten [Tampil]

Resolusi tahun baru adalah

Ahamdulillah kita sudah memasuki tahun baru 2024. Sudahkah membuat resolusi baru tahun ini? Apa sih makna resolusi buat kalian? Kalau buat aku, makna resolusi tahun baru adalah target-target yang harus aku capai dalam setahun.

Sedangkan menurut Wikipedia, resolusi tahun baru adalah sebuah tradisi sekuler yang berasal dari Dunia Barat. Tradisi ini merupakan tekad atau janji seseorang untuk melakukan tindakan perbaikan diri yang akan dimulai pada Hari Tahun Baru. Bisa juga disebut sebagai rencana tahun baru, komitmen tahun baru, keinginan tahun baru, harapan tahun baru, cita-cita tahun baru, atau niat tahun baru.

Oleh karena itu, menurutku kita perlu membuat resolusi di tiap tahunnya agar kita memiliki tekad untuk mencapai target-target yang sudah ditentukan. Pastinya dalam proses mencapai resolusi yang sudah dibuat, akan ada pelajaran dan usaha yang menemani.

Nah, kira-kira gimana sih cara membuat resolusi tahun baru? Kalau aku pribadi, memulainya dengan menentukan tujuan kemudian menuliskan dengan kalimat awal, resolusi tahun baru adalah.. Ah, langsung simak aja yuk cara membuat resolusi di bawah ini!

Cara Membuat Resolusi Tahun Baru Adalah..

Karena resolusi tahun baru adalah sebuah tujuan baru atau target baru yang akan dicapai dalam setahun, maka perlu beberapa cara untuk membuatnya, yaitu:

1. Mulailah dengan bersyukur

Memasuki awal tahun, mulailah dengan rasa syukur. Bersyukur untuk kesempatan hidup yang masih diberikan Allaah Subhanahu wa Ta'ala. Selain itu kita juga perlu mengungkapkan rasa syukur karena telah melalui rangkaian kehidupan pada tahun sebelumnya dimana pasti ada hal baik dan hal buruk. Lakukan refleksi dan introspeksi diri agar kita bisa menentukan resolusi berikutnya.

2. Gunakan metode SMART

Metode SMART merupakan singkatan dari:
  • Specific. Cara membuat resolusi tahun baru adalah harus yang spesifik atau jelas. Sehingga kita bisa lebih fokus dalam proses pencapaian. Misalnya, resolusi tahun baru adalah hidup sehat. Kalimat ini bisa diubah lebih spesifik menjadi, resolusi tahun baru adalah olahraga tiap pagi minimal 15 menit. Atau lari pagi setiap hari minimal 5 hari dalam seminggu.
  • Measurable, artinya terukur. Misal saja resolusi tahun baru adalah kurus. Kalimat ini bisa diganti dengan kalimat yang lebih terukur yaitu aku ingin berat badan turun minimal 2kg dalam sebulan. Atau, resolusi tahun baru adalah berat badan turun 10kg di bulan November. Artinya mulai kamu memiliki waktu mulai dari bulan Januari hingga November untuk menurunkan berat badan sebanyak 10kg.
  • Achievable, artinya terjangkau atau sesuatu yang bisa kamu capai. Jangan membuat resolusi atau target yang belum pasti bisa kamu raih. Misalnya menargetkan punya tabungan 1 miliar dalam setahun dengan pemasukan tidak sampai 2 dijit dan masih tinggi pengeluaran.
  • Relevant, yaitu pilih yang cocok denganmu. Sesuaikan dengan kemampuan jangan terlalu keras pada diri sendiri. Misalnya resolusi tahun baru adalah berat badan turun 10kg dengan metode diet A, yang mana metode diet A tersebut tidak cocok dengan kamu yang memiliki sakit lambung.
Untuk itu kita perlu menuliskan terlebih dahulu keinginan-keinginan kita. Kemudian pilih sesuai metode smart.

3. Mulai dari yang kecil

Membuat resolusi tahun baru adalah membuat target baru. Sehingga akan ada proses dan perjuangan. Maka buatlah resolusi yang kamu tahu bisa kamu lakukan. Hindari perencanaan yang terlalu rumit dan sulit diraih, hingga kamu kesulitan mencapainya. Mulailah dari yang kecil. Karena hal-hal kecil akan berdampak besar.

4. Tentukan prioritas

Jika terlalu banyak target yang menjadi resolusi mu, tentukan prioritas. Sebab tidak semua tujuan setara tingkat kepentingannya.

5. Masukkan hal yang kamu sukai

Membuat resolusi tentunya ada keinginan untuk mengembangkan diri. Kamu bisa menjadikan passion-mu salah satu tujuan di tahun depan. Kalau memang passion-mu sudah kamu tekuni, coba terus kembangkan lagi. Ingat, selalu ada ruang untuk berkembang.

6. Cari Big Why resolusi mu

Harvard Medical School bilang, memahami kenapa kamu harus berubah (atau kenapa kamu tidak harus berubah) sangat membantu kesuksesan terwujudnya resolusi itu. Sebab, kalau kamu tidak paham apa alasan mendasar kamu harus (atau tidak harus) “berubah”, akan sangat berat buat kamu berusaha mengubah kebiasaan tersebut dan mewujudkan resolusi itu. Jadi, sebelum menyusun resolusi tahun baru, carilah "Big Why" kamu membuat resolusi tersebut.

7. Konsisten

Dalam proses pencapaian target, tidak lepas dari usaha dan konsistensi. Misalnya seperti resolusi tahun baru adalah turun berat badan 10 kg dalam 11 bulan, tentu perlu konsistensi dalam berolahraga untuk menunjang keberhasilan target. Maka, memiliki sikap konsisten demi tercapainya target adalah kewajiban.

Nah, itulah cara-cara untuk membuat resolusi. Cara-cara ini juga yang biasanya aku terapkan. Dari hasil refleksi dan introspeksi yang aku lakukan, kegagalan tercapainya resolusi tahun baru adalah karena lemahnya konsistensi. Sehingga aku tidak sampai pada target yang harusnya tercapai.

Penutup

Membuat resolusi tahun baru adalah bukan kewajiban tapi menurutku perlu dibuat agar hidup kita lebih terarah dengan hal-hal positif. Membuat resolusi tahun baru artinya menyiapkan diri untuk terus dan tetap berkembang. Resolusi bisa tercapai karena adanya proses yang diupayakan.

Jadi apa resolusi tahun baru mu??
Semoga bermanfaat!










Sumber:
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Resolusi_tahun_baru
https://glints.com/id/lowongan/cara-membuat-resolusi-tahun-baru/#tips-membuat-resolusi-tahun-baru
https://ugm.ac.id/id/berita/22198-tujuh-tips-menyusun-resolusi-di-tahun-baru/
https://www.qubisa.com/article/tips-jitu-membuat-resolusi-tahun-baru

Related Posts

Post a Comment