Header

Blogspedia Coaching, Lumbung Ilmu dengan Sejuta Inspirasi

16 comments

Blogspedia Coaching
Wah, tak terasa waktu berlalu sangat cepat, ya! Sudah 3 bulan aku belajar tentang blog bersama Blogspedia Coaching batch 2. Sampai pada detik ini, saat aku menulis tulisan ini untuk tugas akhir One Day One Post, aku masih ga nyangka bisa sampai pada titik ini. Kelas Blogspedia Coaching ini benar-benar amazed me, gaes! Iya, amazed! Karena belajar di kelas ini membuatku semakin produktif. Tidak hanya belajar tentang blog, tapi mau ga mau juga belajar untuk terus meng-upgrade skill menulis.
 
Tahun 2021 ini benar-benar memberikanku banyak pengalaman baru di dunia kepenulisan. Berawal dari belajar nulis, sampai akhirnya bisa menelurkan beberapa karya buku antologi, dan bisa membangun blog impianku. Walau begitu, aku masih merasa sangat kaku dalam hal merangkai kata. Karena terbatasnya pembendaharaan kata terkadang membuatku butuh waktu lama untuk menyelesaikan sebuah tulisan. Tetapi, sejak mengiktui kelas Blogspedia Coaching ini, aku dilatih dan terus dilatih untuk menulis hingga aku terbiasa menulis dengan jumlah kata minimal 800 kata. Komplit banget kan?
 
Beruntung sekali aku berkesempatan belajar di kelas Blogspedia Coaching batch 2. Bak menemukan Oase di Padang pasir. Ya, berawal dari pengetahuanku yang nol besar tentang blog, tapi nekat membuat blog karena sebuah alasan besar. Membuatku sering bertannya bagaimana “cara main” blog pada salah seorang temanku. Dialah yang akhirnya mempertemukanku dengan kelas super ini, dengan voucher belajar yang diberikannya padaku. Dia adalah perempuan dibalik blog seesiput yang juga merupakan peserta kelas Blogsepdia Coaching pada batch pertama. Terima kasih banyak, Teh! 
 
Nah, sekarang aku akan menjelaskan, mengulas dan mengalirkan rasa untuk Blogspedia Coching batch 2. Simak hingga akhir ya, gaes..

Tentang Dunia Blogspedia Coaching

Aku setuju banget dengan tagline “tongkrongan blogger cupu” pada website Blogspedia. Kenapa? Karena kelas Blogspedia Coaching ini diibaratkan tempat berkumpulnya blogger-blogger baru yang masih minim pengetahuannya tentang dunia blog, alias masih cupu gaes. Di sini kita belajar bersama mulai nol banget sampai blog kita terlihat profesional. Semuanya diajarkan gaes, perlahan tapi pasti. Nah kan, mantap kan gaes? Nih, aku kasih liat bocoran materi belajar beserta timelinenya..
materi blogsepdia

3 bulan memang waktu yang pas untuk mengunyah semua materi di atas. Karena memang kita merangkak belajarnya, mulai dari materi dan tugas pemanasan sampai pada tugas akhir, hari ini. Dari sekian banyak materi, materi yang sangat ku nanti adalah materi untuk memasang top level domain dan materi mengganti template blog. Wah, saat sudah masuk ke materinya, aku excited banget gaes! Dan materi yang bikin mabok tuh materi tentang konten. Banyak banget materinya gaes! Eh tapi sebenarnya lebih banyak materi permak blog sih, mungkin karena aku excited ya, jadi enjoy aja gitu. Hehe.

Seru ya, gaes? iya, memang seru banget. Materinya juga ciamik! Tapi asal kalian tahu nih, rules kelas ini tuh ketat banget. Materi dibagikan pagi, lalu malamnya kita diskusi tentang materi dan setelah selesai diskusi biasanya tugas sudah tayang gaes. Nah, deadline semua tugas tuh 2 hari aja, kecuali tugas permak blog ya. Dan barangsiapa yang tidak mengerjakan tugas hingga tenggat waktu yang ditentukan, maka akan mendapatkan tendangan dari Coach, alias di kick dari kelas, gaes! Serem ga tuh? Banget lah bagiku yang masih bener-bener cupu ini.

Karena itu gaes, semua peserta harus giat dan disiplin jika masih ingin belajar banyak ilmu di kelas ini. Tapi menurutku sebenarnya tidak sulit kok, karena materi dijelaskan dengan sangat detail dan waktunya juga cukup jika kita tidak terus menunda mengerjakan tugasnya, kecuali yang berhalangan ya gaes. Meski kelas ini gratis, tapi Coach tidak main-main. Dia hanya ingin yang benar-benar serius belajar yang ada di kelasnya. Luar biasa!

Genap 6 bulan sejak aku memiliki blog, mulai aktif blogging sejak 3 bulan terakhir. Tepatnya saat aku mulai belajar di keas ini, gaes. Aku belajar mulai dari mengenal perbedaan blog dan blogging, belajar kaidah membuat konten, menulis macam-macam artikel, belajar tentang Google Analytics, belajar tentang Google Search Console juga. Sampai belajar tentang personal branding dan membuat content plan untuk optimasi blog. Nah, berbekal materi dan tugas itu semua, dalam waktu kurang dari tiga bulan, Domain Authorityku sudah naik ke angka 3 gaes. Hua pengen nangis! Buat aku ini pencapaian yang luar biasa sih. Huhu. Terima kasih banyak Blogspedia Coaching, khususnya untuk Coach-ku tersuper!

Tentunya juga tidak lepas dari teman-teman seperjuangan yang super kece, dong! Memiliki teman dengan positive vibes dan frekuensi yang sama adalah support systems tersendiri untukku. Kami saling mengingatkan tugas, saling berbagi, saling mengajari bagi yang belum paham, pokoknya saling bergandengan tangan lah. Padahal tidak ada satupun di antara kami yang saling mengenal, semuanya adalah orang baru. Tapi chemistry kami tuh kuat banget, kompak banget.

Eits, tapi tidak semua peserta cupu lho, gaes. Bahkan banyak orang hebatnya, banyak juga blogger yang sudah tinggi jam terbangnya. Tapi semuanya ngaku cupu di kelas ini. Hehe. Seru banget deh pokoknya, selain nambah ilmu di Blogspedia Coching ini pastinya juga nambah teman dari penjuru Indonesia, menambah pengalaman dan pengetahuan. Ada yang berprofesi sebagai dokter, sebagai guru, sebagai dosen, sebagai pelajar, sebagai aktivis. Ada yang masih duduk di bangku SMA sampai yang sudah paruh baya. Beragam lah, gaes. Dan ada juga yang stay di Chicago. Bayangkan perjuangannya menyamakan waktu untuk bisa belajar di kelas ini, gaes. Asik banget kan?

Itu dia sedikit penjelasan, ulasan dan aliran rasaku tentang kelas Blogspedia Coaching. Sekarang akum au membahasa tentang Coach-nya. Anyway, kalian sudah tahu belum siapa Coach-nya? Nah, lho! Ini penting, gaes. Yuk lah, aku kenalin..

Coach Marita, Perempuan dibalik Blogspedia Coaching

Marita Ningtyas
Perempuan yang memiliki nama lengkap Marita Surya Ningtyas ini adalah seorang ibu dari dua anak. Lahir di kota Semarang dan juga berdomisili di sana. Selain berprofesi sebagai ibu rumah tangga, Coach Marita juga seorang penulis dan seorang blogger dengan sederet jadwal keseharian yang super padat. Berangkat dari hobi menulis dan membacanya sejak kecil setelah mengarungi dunia kerja, akhirnya sampailah beliau di titik ini, yaitu menjalankan hobi yang menghasilkan. Pasti semua menginginkannya kan?

Berbicara tentang Coach Marita Ningtyas, meskipun aku belum pernah bertemu secara fisik, aku salut pada sosoknya. Pertama, dari skill manajemen waktu yang dimilikinya. Sebagai ibu rumah tangga dengan sederet jadwal padatnya selain memfasilitasi kami, Coach juga masih sempat menulis untuk ketiga blognya serta menimba ilmu di kelas-kelas lainnya. Karena penasaran nih, aku pernah lho menanyakannya secara personal chat. Hihi.

Kedua dari caranya berbagi ilmu sebagai ladang amal. Berbagi ilmu secara cuma-cuma untuk memudahkan para blogger cupu menjelajah dan mendalami dunia blog. Sangat terkonsep. Materinya ga kaleng-kaleng ya, gaes. Semua berbobot! Cara penyampaiannya pun tidak menggurui, seperti sedang dikusi santai aja gitu, gaes. Kalimat yang digunakannya juga sederhana dan mudah dipahami. Jadi langsung mudeng aja gitu, gaes. Selama kelas berlangsung, pembahasan kami tidak melulu tentang materi dan tugas, sesekali kami membahas sesuatu di luar materi dan tugas, tentang drakor misalnya. Hehe. Jadi suasana kelas tuh seru, tidak monoton, dan santai.

Ketiga, bagiku Coach Marita orangnya sangat bertanggung jawab, telaten dan sabar banget. Mengapa bertanggung jawab? Karena setiap ada masalah teknis yang dialami peserta, Coach Marita pasti akan mencarikan solusinya. Belum lagi jika peserta kebingungan hilang arah gitu ya, nge-chat jam berapapun pasti langsung di balas. Tuh gaes, saking bertanggung jawabnya jadi aku kira Coach Marita tuh ga tidur. Wkwk.

Telaten dan sabar, aku yakin sih semua yang pernah belajar di Blogspedia setuju denganku. Coach Marita itu telaten dan sabar banget menghadapi semua peserta kelas. Ketika ada yang menanyakan pertanyaan yang sudah ada penjelasannya panjang kali lebar sebelumnya. Atau ketika ada yang bertanya berkali-kali dengan pertanyaan yang sama dengan peserta lainnya. Hihi. Bayangkan kalau Coach Marita ga sabar dan ga telaten, kira-kira apa yang akan terjadi? Ditendang kali ya. Hehe

All in all, kelas Blogspedia Coaching ini sangat rekomendasi untuk blogger pemula dan pastinya sangat menginspirasi. Tidak banyak yang bisa kuberikan untuk membalas kebaikan Coach Marita selain dengan konsisten blogging dan menebarkan ilmu yang bermanfaat yang ku dapat darinya. Tidak lupa doa-doa terbaik juga kupanatkan untuk Coach Marita dan keluarga. Semoga kita bertemu lagi di Jannah-nya. Jazakillah khoir, Coach :)

Sendy Yunika
Stay at Home Mom yang berusaha tetap produktif. Menambah peran sebagai momblogger dan penulis 9 buku Antologi sejak Maret 2021. Terima kasih sudah berkunjung :)

Related Posts

16 comments

  1. Yes, setuju sekali mb. All on one class semua di bahas di sini. Semua diberikan dalam blogspedia coaching. Bangga punya coach seperti dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget! kelas terasik sepanjang masa ya, pak :D

      Delete
  2. Bener nih mba, rekomendasi kelas blogging khususnya buat pemula seperti diriku juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak banget temanku yang udah mennati batch ke-3 mb. hihi

      Delete
  3. Aku suka...
    All in all
    Benar sekali mba..

    ReplyDelete
  4. Bener banget materinya nggak kaleng kaleng...
    Semoga ilmu yg telah diberikan beliau menjadi ladang amal buat beliau, dan buat temen temen terima kasih

    ReplyDelete
  5. Di Blogspedia semua boleh ngaku Cupu kok.. wkwk.. wong yang sok2an ngajarin aja yo super cupu :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ada coach, salim sek heheh
      yg ngajarin mah super duper, tp ga cupu coach! :D

      Delete
  6. Ah bakal kangen ya mbak sport jantungnya nglist, ngejar DL, dan memahami kode2 alam alias html wkwkwk. semoga setelah ini kita bisa mengamalkan ilmunya maksimal ya mba. aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. bener mb, kejar2n sama DL. kita pasang DL masing2 biar tetep dapte vibesnya ya hihi

      Delete
  7. Ahh tetiba 3 bulan aja ya, perasaan baru kemarin kejar2an sama deadline rupanya udah kelar aja.
    Semoga makin produktif kita ya tersrbab ilmu dr coach, insya Allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.. moga setelah ini kita juga tetep rajin postingnya ya,mb :D

      Delete
  8. Malaikat penolong ketika Bunda panik. makasih banyak menjadi pelengkap belajar di blogspedia ya Mbak. Barakallah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barakallahu fiik bunda..
      Sehat-sehat ya bun, semangat terus bloggingnya :*

      Delete

Post a Comment