Iklan

Header

Ternyata Modal Usaha Ayam Geprek Bensu Segini!

Post a Comment
Konten [Tampil]
Modal Usaha Ayam Geprek Bensu
Popularitas ayam geprek dibeberapa tahun belakangan sangat tinggi, apalagi setelah kemunculan ayam Geprek Bensu. Kali ini aku akan membahas tentang modal usaha ayam Geprek Bensu yang viral ini, teman.

Ayam geprek Bensu adalah bisnis kuliner yang dijalankan oleh Ruben Samuel Onsu atau Ruben Onsu dan adiknya, Jordi Onsu. Bisnis Geprek Bensu ini dimulai sejak awal tahun 2017, tepatnya pada tanggal 17 April.

Sedangkan ayam geprek sendiri adalah ayam berlapis tepung tipis (bukan fried chicken) dan digoreng. Setelah digoreng ayam ini akan di geprek dan dicampur dengan berbagai macam sambel dan toping lainnya.

Geprek sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya dipukul, ditumbuk atau ditekan. Hasilnya, ayam goreng tepung yang sudah digeprek akan hancur sehingga lebih mudah dimakan.

Gerai ayam Geprek Bensu pertama kali dibuka di kawasan Pademangan, Jakarta Utara. Pada hari pertama pengoperasiannya, ayam geprek ini berhasil menghabiskan 100 potong ayam dan tiap harinya pelanggan terus bertambah, sehingga Ruben memutuskan untuk melebarkan sayap membuka gerai lainnya.

Untuk gerai kedua, Ruben membuka gerai Geprek Bensu di Depok. Karena banyaknya peminat untuk bermitra, di tahun yang sama, Ruben berhasil mendirikan 15 unit gerai di DKI Jakarta.

Tidak hanya di Jakarta, di luar Jakarta gerai ayam Geprek Bensu juga sudah ada di Solo, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Medan, Jambi, Balikpapan, Bukittinggi, dan Bandar Lampung. Sampai saat ini, ayam Geprek Bensu sudah memiliki 137+ gerai di seluruh Indonesia.

Nah, gimana teman? Penasaran tidak berapa modal usaha ayam Geprek Bensu ini? Dan bagaimana cara menjadi mitra ayam Geprek Bensu?

Yuk, kita bahas!

Modal Usaha Ayam Geprek Bensu

Berapa modal usaha ayam Geprek Bensu yang harus disiapkan jika ingin menjadi salah satu mitranya? Berikut adalah rinciannya:

‌Biaya daftar franchise ayam Geprek Bensu

Untuk biaya menjadi mitra dari franchise Geprek Bensu adalah sebesar 5% dari paket yang diambil.

Untuk modal usaha ayam Geprek Bensu, terdapat beberapa pilihan paket. Kisaran besar modal adalah Rp. 100.000.000 - Rp. 400.000.000.

Jika kita hitung royalty fee pertahunnya, misalnya saja kita mengambil paket yang 400 juta. Maka royalty fee akan sebesar 14 juta per tahun dengan estimasi balik modal dalam kurun waktu 10 bulan.

Dengan biaya tersebut, mitra mendapatkan beberapa dukungan fasilitas. Mulai dari lisensi penggunaan brand, pelatihan karyawan, konsep desain gerai, pengadaan peralatan dasar, pengadaan seragam kerja, SOP tata kelola toko harian, software POS (Point of Sales) kasir, hingga media promosi, seperti menu, banner dan flyer.

Lengkap juga fasilitas yang didapatkan mitra ya, teman? Mitra hanya perlu mempersiapkan modal usaha ayam Geprek Bensu dan memilih paket sesuai kemampuannya.

‌Analisa modal dan keuntungan ayam Geprek Bensu

Setelah mempersiapkan modal usaha ayam Geprek Bensu dan memilih paket usaha, sekarang kita coba analisa keuntungan yang akan didapatkan perbulannya, teman.

Biaya operasional bulanan

• Penyewaan tempat Rp 1.000.000

• Gaji karyawan  Rp 5.000.000

• Etalase  Rp 250.000

• Kompor  Rp 150.000

• Gas  Rp 54.000

• Wajan  Rp 30.000

• Alat penghalus bumbu  Rp 20.000

• Daging ayam  Rp 270.000 x 30 = Rp 8.100.000

• Bumbu Rp 25.000 x 30 = Rp 750.000

• Lalapan Rp 20.000 x 30 = Rp 600.000

• Minyak goreng Rp 22.000 x 30 =Rp 660.000

• Cabe merah Rp 25.000,- x 30 = Rp 750.000

• Listrik Rp 300.000

• Biaya lain – lain Rp 1.500.000

Total biaya operasional Rp 19.164.000


Biaya tersebut tentu bisa ditekan sesuai dengan kebutuhan ya, teman. Bisa saja tidak ada biaya sewa karena gerai milik pribadi. Atau gaji karyawan yang disesuaikan dan kemungkinan lainnya.

Perkiraan penghasilan per bulan

Sebagai contoh apabila menjual ayam Geprek Bensu dengan kisaran harga Rp 18.000 per porsi (harga Geprek Bensu original) dan mampu menjual hingga 50 porsi per hari, maka penghasilan yang akan didapatkan di setiap bulannya, yakni :

50 porsi x Rp 18.000 = Rp 900.000

Rp 900.000 x 30 hari = Rp 27.000.000


Maka keuntungan yang diperoleh dalam satu bulan adalah total pendapatan dikurangi total pengeluaran, yakni:

Rp 27.000.000 - Rp 19.164.000 = Rp 7.836.000.


Nominal ini hanya untuk penjualan Geprek Bensu original ya, teman. Belum ditambahkan dengan menu dan paket lainnya.

Cara Daftar Mitra Ayam Geprek Bensu

Syarat untuk bergabung menjadi mitra dari franchise Geprek Bensu sampai saat ini belum ada sumber yang memuat rinci.

Sehingga, bagi kalian yang benar-benar berminat memulai bisnis franchise Geprek Bensu, bisa langsung menghubungi OPP (PT Onsu Pangan Perkasa) sebagai holding company dari Geprek Bensu di 1500 612.

Layanan call center selalu dibuka setiap hari di jam operasional pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

‌Tahapan pendaftaran mitra

Beberapa tahapan yang perlu dipersiapkan agar bisa sukses menjadi mitra selain menyiapkan modal usaha ayam Geprek Bensu, antara lain:
  1. Mengisi formulir kemitraan
  2. Melakukan verifikasi kesiapan modal
  3. Pemaparan profil bisnis lewat presentasi
  4. Bayar deposit biaya komitmen dan uang muka
  5. Melakukan survei, memilih lokasi yang strategis dan lakukan pengajuan kepada pihak manajemen Geprek Bensu.
  6. Tanda tangan MoU dan perjanjian kerjasama
  7. Melunasi biaya pembayaran
  8. Desain, renovasi dan konstruksi outlet
  9. Terima Peralatan dan Bahan Mentah
  10. Rekrutmen dan pelatihan karyawan
  11. Peluncuran outlet

Tips sukses menjadi mitra geprek bensu

1. Membuat perencanaan bisnis

Sebagai langkah awal dalam cara sukses join franchise ayam Geprek Bensu adalah melakukan sebuah perencanaan bisnis atau business plan yang matang. Dimana dalam perencanaan bisnis ini nanti juga akan berisikan sebuah strategis bisnis franchise ayam geprek Bensu yang kalian  jalankan untuk mencapai tujuan. Dengan perencanaan yang baik maka akan membuat kalian bisa merealisasikan bisnis secara tepat dengan modal usaha ayam Geprek Bensu yang tidak sedikit tersebut. 

2. Memilih lokasi yang strategis

Tahapan selanjutnya untuk join franchise ayam Geprek Bensu adalah memilih lokasi yang strategis.

Untuk menjalankan sebuah bisnis, khususnya bisnis kuliner seperti ini maka lokasi menjadi faktor penting yang akan mempengaruhi bisnis, bisa berkembang atau diam ditempat.

Lokasi yang strategis untuk berbisnis ayam Geprek Bensu adalah lokasi yang terlihat jelas, mudah diakses, dan tentu saja harus memiliki tingkat lalu lalang pengunjung yang tinggi.

Untuk memudahkan konsumen mendapatkan produk yang kita jual, tidak ada salahnya untuk mencoba memanfaatkan berbagai layanan jasa ojek atau delivery makanan online, misalnya Grabfood, Go-Food dan ShopeeFood. 

3. Siapkan media promosi yang jitu

Pemasaran atau marketing juga berperan penting ketika memutuskan untuk bergabung menjadi mitra ayam Geprek Bensu. Pastinya kita tidak ingin modal usaha ayam Geprek Bensu ini sia – sia.

Sebagus dan sepopuler apapun jenis makanan yang akan dijual pastinya akan sangat percuma apabila masyarakat gagal mengenal produk tersebut, oleh sebab itu kita perlu melakukan promosi secara maksimal. Untuk melakukan promosi, kita juga bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada, misalnya media sosial.

Jika perlu kita juga bisa melakukan strategi pemasaran konvensional, seperti memasang spanduk unik yang disertai dengan gambar – gambar di depan lokasi berbisnis, membagikan brosur, dan membuat program promosi yang menarik.

4. Menerapkan strategi bisnis yang jitu

Jika berbicara mengenai strategi berbisnis, hal penting yang harus diterapkan dan dimiliki adalah kreativitas, dimana kita harus membuat penyajian ayam geprek yang menarik atau dengan memberikan makanan sampingan. Namun usahakan hal ini tidak membuat modal usaha ayam Geprek Bensu menjadi sangat membengkak ya, teman. 

Pilihan Menu Ayam Geprek Bensu

Ada beberapa pilihan menu yang siap dinikmati para pelanggan setia ayam Geprek Bensu, berikut menu selengkapnya:

1. Paket Geprek Bensu

Paket geprek bensu ini menyediakan berbagai menu pilihan seperti paket geprek bensu original, paket geprek bensu leleh, paket geprek bensu sambal matah, paket geprek bensu sambel embe dan paket Geprek Bensu telur asin. Menu-menu ini merupakan menu andalan Geprek Bensu.

2. Paket Mie Geprek Bensu

Meskipun memiliki menu utama ayam geprek, anda selaku orang yang memiliki modal usaha ayam geprek bensu juga bisa menyajikan menu lain bagi konsumen. Paket mie geprek bensu.

Menu mie geprek bensu ini begitu beragam, diantaranya paket mie geprek bensu original, paket mie geprek bensu leleh, paket mie geprek bensu sambal matah, dan paket mie geprek bensu sambel ember.

3. Paket Spesial Bensu Sambal dan Menu Khas Indonesia

Selain menu andalan, Geprek Bensu juga memberikan banyak inovasi. Mengangkat menu khas Indonesia yang sangat familiar seperti Geprek Bensu Nasi Rebon, Geprek Bensu Nasi Rendang, Geprek Bensu Sambal Teri, Geprek Bensu Oseng Mercon, Geprek Bensu Tutug Oncom, Geprek Bensu Nasi Daun Jeruk dan Geprek Bensu Sambal Kecombrang

4. Paket Ala Carte

Tidak lengkap rasanya jika makan tidak dilengkapi dengan menu lainnya. Untuk menemani pengunjung merasakan pengalaman menikmati pesanan, geprek bensu juga menyediakan paket ala carte.

Paket ini menyajikan beberapa menu untuk tambahan menu yang pelanggan pesan seperti puding mangga, crispy chicken skin, nasi putih, tambahan sambal original, tambahan sambal matah, dan tambahan sambal embe, Paket ini pas banget bagi pengunjung yang sangat suka pedas.

5. Garpu, Menu Serba Lima Ribu

Garpu adalah singkatan dari menu serba lima ribuan. Pengunjung bisa menikmati beberapa menu pendamping, seperti jamur geprek, fried tofu with geprek sauce, fried eggplants with geprek sauce, dan fried tempeh with egg sauce yang mana semaunya hanya dibandrol harga lima ribu. Murah banget kan, teman! 

6. PSBB (Paket Sepuluh Ribu Bareng Bensu)

Paket PSBB (Paket Sepuluh Ribu Bareng Bensu) bisa menjadi salah satu pilihan. Menu dengan kemasa box ini menyediakan dua pilihan yaitu PSBB kulit dan PSBB ayam balado.

Menu-menunya dapat dinikmati oleh semua pengunjung mulasi dari Rp. 5.000. sampai Rp. 25.000,- per porsi.

7. Kids Menu

Perhatian geprek bensu tidak hanya pada pecinta sambal, namun juga menyediakan menu khusus anak, yaitu Kids Menu. Sehingga semua bisa akan geprek bensu.

Kelebihan Menjadi Mitra Ayam Geprek Bensu

Ada beberapa kelebihan yang bisa dirasakan menjadi mitra Geprek Bensu, antara lain:
  1. Legalitas jelas
  2. Brand sudah banyak dikenal orang
  3. Kualitas dan rasa sudah terbukti dan selalu dikontrol pusat
  4. Harga jual produk bisa dibilang ekonomis
  5. Ada bantuan promosi dari pusat
  6. Gampang dikelola dan minim resiko

Kekurangan Menjadi Mitra Ayam Geprek Bensu

Dari sisi kekurangan tampaknya belum ada sisi kurang yang memberatkan franchise makanan yang satu ini bahkan bisa dikatakan tidak ada kekurangan.

Kesimpulan

Untuk memutuskan menjadi mitra, modal usaha ayam Geprek Bensu yang harus disiapkan tidaklah sedikit. Selain biaya franchise dan royalty fee, calon mitra juga harus mempersiapkan modal untuk investasi dan biaya operasional. 

Jika kalian sudah siap dengan modal usaha ayam Geprek Bensu dan tertarik menjadi mitra, silakan hubungi call center Geprek Bensu.

Atau jika modal kalian belum mencukupi, kalian bisa mencoba usaha dengan modal kecil seperti usaha jus buah, roti bakar Bandung, mie ayam cup atau usaha dimsum.

Semoga bermanfaat! :) 













Sumber referensi:
https://www.google.com/amp/s/m.bisnis.com/amp/read/20220721/263/1557844/syarat-biaya-dan-cara-memulai-franchise-geprek-bensu
https://www.sebuahutas.com/2019/09/cara-sukses-join-franchise-ayam-geprek.html?m=1
https://taukan.com/franchise-ayam-geprek-bensu/
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200612112607-262-512565/asal-usul-ayam-geprek-jadi-makanan-populer

Related Posts

Post a Comment